Strategi Konvergensi Radio RBFM Samarinda Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Media Sosial (Ambar Anggri Larasati)

January 11, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 11, 2022 @ 10:17 AM
IP: 36.85.38.128

  • 1. Title [Judul]: Strategi Konvergensi Radio RBFM Samarinda Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Media Sosial
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ambar Anggri Larasati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Radio, Brand Awareness, Media Sosial, Teori Niche
  • 4. Description [Abstrak] : Kini beberapa radio di kota Samarinda mulai memanfaatkan media sosial
    sebagai media pendukung, maka dari itu dalam menghadapi sebuah tantangan
    dari konvergensi media stasiun radio membutuhkan strategi agar dapat bertahan
    di tengah persaingan antar media. Penelitian yang akan dilakukan adalah untuk
    melihat bagaimana strategi konvergensi radio RBFM dalam membangun Brand
    Awareness melalui media sosial, tujuan dari penelitian ini adalah untuk
    mengetahui dan menganalisis strategi konvergensi radio RBFM Samarinda
    dalam membangun brand awareness melalui media sosial.
    Penelitian ini menggunakan teori Niche dari Dimmick dan Rothenbuhler.
    Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini
    difokuskan pada penggunaan media sosial oleh RBFM Samarinda. Jenis data
    yang disajikan yakni sumber data primer melalui wawancara mendalam bersama
    informan dan informan kunci serta sumber data sekunder diperoleh melalui
    dokumen, situs, catatan, dan beberapa akun media sosial RBFM.
    Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi yang dilakukan
    oleh radio RBFM Samarinda adalah dengan memperhitungkan segmentasi
    pendengar, memilih target yang tepat serta melakukan positioning. RBFM sukses
    membangun brand awareness radio mereka dalam media sosial serta dapat
    bertahan di tengah persaingan antar media di era konvergensi media. Dari faktor
    capital terdapat lonjakan pemasukan iklan dan pendapatan dari tahun ke tahun.
    Faktor types of content, terciptanya pola interaktivitas antar penyiar dan audiens
    dalam media sosial. Faktor types of audience terpenuhinya kebutuhan informasi
    bagi para pengikut dan pendengar RBFM serta kepuasan klien pengiklan karena
    mendapat feedback sesuai harapan
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Abdullah Karim, M.S, Hj. Hairunnisa, S.Sos., M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

23 total views, 1 views today