Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Bank Sampah Di Desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara (Yully Elfiana)

February 22, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 22, 2022 @ 4:54 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Bank Sampah Di Desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yully Elfiana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pemberdayaan masyarakat, Sampah, Bank sampah.
  • 4. Description [Abstrak] : “Tujuan penelitian untuk mengetahui Pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Bank Sampah di Desa Loa Duri Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara serta memahami unsur-unsur yang mendukung dan menghambat Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Bank Sampah di Desa Loa Duri Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara”
    “Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif investigasi. Fokus penelitian yaitu Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Bank Sampah di Desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara dengan sub fokus penyadaran masyarakat, pembekalan keterampilan, partisipasi masyarakat serta faktor pendukung dan penghambat. Informan pada penelitian yaitu Ketua Bank Sampah Tersanjung, Sekretaris, nasabah bank sampah berjumlah 2 orang dan masyarakat berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data meliputi penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan terdiri atas observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan metode analisis data kualitatif menurut Miles, Huberman dan Saldana.”
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui Program Bank Sampah yaitu memiliki tujuan untuk meninimalisir penumpukan sampah dengan melakukan sosialisasi mengenai cara pengelolaan sampah yang benar, pelatihan guna meningkatkan keterampilan masyarakat yang diberikan kurang maksimal karena keterbatasan tempat, partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini masih kurang. Kendala tersebut antara lain sosialisasi yang kurang optimal, kesadaran masyarakat yang masih rendah, tempat pengumpulan sampah yang belum memadai, tekanan waktu, dan pelanggan yang sibuk. Faktor pendukung antara lain respon aktif masyarakat terhadap.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si & Drs. H. M.Z. Arifin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal

Loading

Print Friendly, PDF & Email