Implementasi Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Samarinda (Studi Kasus di Bantaran Sungai Karang Mumus Kelurahan Sungai Pinang Luar Kecamatan Samarinda Kota) (Leonardus Claudio Luiq)

February 17, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Luiq, Leornadus Claudio
On: Feb 17, 2022 @ 5:41 PM
IP: 125.160.114.153

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Samarinda (Studi Kasus di Bantaran Sungai Karang Mumus Kelurahan Sungai Pinang Luar Kecamatan Samarinda Kota)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Leonardus Claudio Luiq
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Peraturan Daerah, Rencana Tata Ruang. NIM: 1702025133
  • 4. Description [Abstrak] : Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah perubahan kondisi wilayah bantaran sungai karang mumus yang semakin tercemar akibat dampak pesat perkembangan Kota Samarinda. Lahan kosong di wilayah bantaran sungai pun dimanfaatkan olh warga sebagai sarana tempat tinggal dan lambat laun menjadi kawasan lingkungan kumuh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Di Kota Samarinda (Studi Kasus di Bantaran Sungai Karang Mumus Kelurahan Sungai Pinang Luar Kecamatan Samarinda Kota), serta untuk mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan Implementasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, penelitian lapangan, wawancara, dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Tata Ruang Wilayah Dinas Pekerjaan Umum Kota Samarinda selaku Key Informan, serta Lurah Kelurahan Sungai Pinang Luar Kecamatan Samarinda Kota, Tokoh Masyarakat, Masyarakat wilayah “Sungai Karang Mumus Kelurahan Sungai Pinang Luar Kecamatan Samarinda Kota” selaku informan. Data yang telah dikumpulkan dan telah dianalisis menggunakan teknik analisis data model interaktif dengan cara; pengumpulan data; kondensasi data; penyajian data dan; penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa komunikasi dalam implementasi Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Samarinda sudah terlaksana baik dari pembuat kebijakan, pelaksana kebijakan dan langsung kepada unsur masyarakat. Sumber daya sudah memadai dari segi sumber daya manusia (staf ahli), informasi terkait serta wewenang walaupun masih terhambat pada dukungan masyarakat dalam pelaksanaannya. Disposisi diimplementasikan sesuai dengan wewenang dan berlandaskan peraturan perundang-undangan yang berlaku dimasyarakat. Struktur birokrasi sudah terbentuk dan memiliki standar operasional prosedur.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si dan Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email