PERAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA HUTAN MANGROVE DI DESA TANJUNG BATU KECAMATAN PULAU DERAWAN KABUPATEN BERAU (Dedi Alfianuur)

February 17, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Alfianuur, Dedi
On: Feb 17, 2022 @ 9:39 AM
IP: 36.85.6.119

  • 1. Title [Judul]: PERAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA HUTAN MANGROVE DI DESA TANJUNG BATU KECAMATAN PULAU DERAWAN KABUPATEN BERAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dedi Alfianuur
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Pariwisata, Hutan Mangrove
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mengembangkan hutan mangrove di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau dan untuk mengetahui faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik informan menggunakan teknik purposive sampling sebagai nara sumber yaitu Kepala Dinas, staff, masyarakat atau pengunjung. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mengembangkan wisata hutan mangrove di Desa Tanjung Batu Kecamatan Pulau Derawan Kabupaten Berau cukup optimal dalam pelaksanaannya. Pembangunan penunjang pariwisata dilakukan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas prasarana dan sarana dasar. Promosi harus dilakukan agar masyarakat dan wisatawan mengetahui destinasi wisata tersebut. Mengikuti pameran, promosi melalui media elektronik, media internet dan promosi melalui duta pariwisata. Sistem komunikasi merupakan keputusan Dinas Pariwisata dalam mempromosikan objek hutan mangrove dan jenis kerja sama ini terus diselenggarakan dan untuk membangun komunikasi dari berbagai pihak ke keputusan untuk diambil oleh Dinas Pariwisata dalam mempromosikan objek wisata Hutan Mangrove. Faktor penghambat yaitu dari keterbatasan IT dan keterbatasan produk.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H Burhanudin M.Si dan Drs. H Burhanudin M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16-2-2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: open dokumen

Loading

Print Friendly, PDF & Email