Efektivitas Penerapan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Publik Di Kelurahan Mangkupalas Kecamatan Samarinda SeberangKota Samarinda (Fitriani)
February 15, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Feb 15, 2022 @ 11:15 AM
IP: 103.31.207.25
- 1. Title [Judul]: Efektivitas Penerapan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Publik Di Kelurahan Mangkupalas Kecamatan Samarinda SeberangKota Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fitriani
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas, Penerapan SOP, Pelayanan Publik.
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan SOP pelayanan publik dan faktor penghambat penerapan SOP pelayanan publik di kantor Kelurahan Mangkupalas Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dengan teknik purposive sampling danaccidental sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif dari Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Penerapan SOP Pelayanan Publik di Kelurahan Mangkupalas cukup efektif dapat dilihat dari penerapan SOP pelayanan publik yang meliputi prosedur pelayanan sudah sesuai dengan SOP cukup mudah dan tidak berbelit-belit, namun alur SOP atau bagan alir (flow chart) ada keterlambatan dan baru saja ditempel dan dibuat di tahun 2021, waktupenyelesaian sudah sesuai dengan SOP, kompetensi petugas pemberi pelayanan penerapan SOP pelayanan publik mengenai pengetahuan sudah mengetahui sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan kelurahan sesuai dengan SOP; mengenai keahlian sudah dimiliki dan baik; keterampilan juga dimiliki oleh pegawai; sikap sopan, komunikatif responsif namun perilaku masih kurang disiplin, sosialisasi SOP kepegawaian sudah dijalankan dan diterapkan namun kepada masyarakat masih ada yang kurang tahu mengenai alur SOP pelayanan, persyaratan dan waktu. Adapun beberapa faktor penghambat dari penerapan SOP pelayanan publik di kelurahan Mangkupalas yaitu jaringan internet yang sering down/gangguan dan pemadaman listrik, kurang disiplin pegawai datang telat, mensosialisasikan alur SOP pelayanan, persyaratan, waktu masih kurang kepada masyarakat.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.Si & Thalita Rifda Khaerani, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.net/site/?p=3270
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal