Analisis Brand Communication Band Indie Prematurial (Rizkha Destyannisa, Finnah Fourqoniah, Annisa Wahyuni Arsyad)
February 3, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Destyannisa, Rizkha
On: Feb 3, 2022 @ 5:20 PM
IP: 36.78.203.15
- 1. Title [Judul]: Analisis Brand Communication Band Indie Prematurial
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizkha Destyannisa, Finnah Fourqoniah, Annisa Wahyuni Arsyad
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Analisis, Brand Communication, Band Indie, Prematurial
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Brand Communication yang digunanakan oleh band indie Prematurial.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori Brand Communication dengan fokus The Three C’s (Clarity, Consistency, Constancy) dimana teori ini mendefinisikan brand communication adalah kemampuan komunikasi suatu merek yang memberikan hasil yang positif kepada pemilih sehingga akan menimbulkan kepercayaan terhadap suatu merek. Dengan memahami The Three Cs of Branding , memungkinkan untuk lebih mudah mengukur efektivitas rencana Personal Brand Communication dan mengimplementasikannya dengan sukses (Arruda-2009).
Narasumber pada penelitian ini terbagi 2 yaitu, Key Informan yang terdiri dari para personil band Prematurial sebanyak 4 (empat) orang dan Informan yang merupakan pendengar karya ataupun follower social media dari band Prematurial . Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini berdasarkan fokus yang diambil yaitu The Three C’s (Clarity, Consistency, Constancy) antara lain Clarity (Kejelasan) dimana band prematurial menggunakan unsur kebudayaan daerah khas Kalimantan Timur dalam brand image yang ditampilkan oleh Band prematurial. Kemudian dalam fokus Consistency (Konsisten), band Prematurial konsisten mengusung dan menegaskan bahwa mereka merupakan band bergenre Deathmetal ditengah minoritas penikmat musik deathmetal. Selanjutnya pada fokus Constancy, band Prematurial memperhatikan setiap unggahan pada media sosialnya dimana platform digital yang paling banyak interaksinya adalah pada media sosial instagram. Dari hasil penelitian, band Prematurial fokus dalam setiap postingan-postingan yang akan diunggah.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si , Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 3 Februari 2022
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.net/site/?p=4272
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article