PROFESIONALISME POLISI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Tentang Pelayanan SIM di Kantor Polres Kutai Kartanegara) (Mohammad Iqbal Fauzie)

September 26, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 26, 2021 @ 11:11 PM
IP: 182.3.136.145

  • 1. Title [Judul]: PROFESIONALISME POLISI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Tentang Pelayanan SIM di Kantor Polres Kutai Kartanegara)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Mohammad Iqbal Fauzie
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Profesionalisme Polisi, Pelayanan Publik.
  • 4. Description [Abstrak] : Peneliti bermaksud agar dapat mengetahui dan menganalisis profesionalisme polisi dalam pelayanan publik dalam pelayanan SIM di Kantor Polres Kutai Kartanegara dan untuk mengindentifikasi faktor penghambat profesionalisme polisi dalam pelayanan publik di Kantor Polres Kutai Kartanegara. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian meliputi profesionalisme Polisi dalam pelayanan publik terdiri atas kemampuan personil dalam penyelesaian pekerjaan, kecepatan dalam mengerjakan tugas, kreativitas (creativity), inovasi (innovasi), responsivitas (responsivity) dan faktor penghambat profesionalisme polisi dalam pelayanan publik. Sumber data meliputi data primer terdiri dari informan kunci yaitu Kepala Satuan Lalu lintas Polres Kutai Kartanegara, informan yaitu petugas pembuatan SIM Polres Kutai Kartanegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan personil sudah cukup sesuai pada bidangnya dan sudah cukup sesuai dengan standar pelayanan yang ada. Kecepatan dalam mengerjakan tugas personil biasa mendapatkan permasalahan teknis dan non teknis, misal terkendala jariingan sistem yang lambat dan gangguan server pusat. Kreativitas personil dalam menghadapi hambatan masih belum cukup baik karena masih banyak masyarakat yang belum memahami SOP permohonan SIM serta citra negative masyarakat terhadap personil akibat susah lulus dalam tes mengemudi dan masih mengantri cukup lama di loket 4-5 dalam pembuatan SIM. Inovasi dalam pelayanan SIM di Polres Kutai Kartanegara sudah baik dengan pelayanan first on first off. Sistem FIFO, semua informasi jumlah pemohon SIM, pemohon yang lulus akan diketahui secara langsung. Responsivitas personil dalam pelayanan publik di Kantor Polres Kutai Karatanegara sudah baik karena personil sudah merespon dengan baik aspirasi baru dari masayarakat dengan menggunakan media sosial seperti website dan lain-lain.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si., Dr. Bambang Irawan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26 September 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email