Studi Tentang Penerapan Hukum Dolop (Menyelam) Pada Masyarakat Suku Dayak Agabag di Desa Tukulon Kecamatan Lumbis Ogong Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. (Riduan)

September 26, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 26, 2021 @ 4:25 PM
IP: 182.3.136.145

  • 1. Title [Judul]: Studi Tentang Penerapan Hukum Dolop (Menyelam) Pada Masyarakat Suku Dayak Agabag di Desa Tukulon Kecamatan Lumbis Ogong Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Riduan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Penerapan Hukum Dolop, Dayak Agabag.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian indentifikasi Studi Tentang Penerapan Hukum Dolop (Menyelam) Pada Masyarakat Suku Dayak Agabag Di Desa Tukulon Kecamatan Lumbis Ogong Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Penelitian ini merupakan deskriptif-kualitatif, dengan fokus (1). Menyelesaikan sengketa tanah, (2). Pembunuhan dan (3). Perzinahan. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara secara mendalam dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bawha Penerapan Hukum Dolop (Menyelam) Pada Masyarakat Suku Dayak Agabag antara lain: (1). Menyelesaian kasus sengketa tanah dengan menggunakan Hukum Dolop (Menyelam, (2). Menyelesaikan kasus Pembunuhan dengan Hukum Dolop (Menyelam) dan (3). Menyelesaikan kasus perzinahan dengan menggunakan Hukum Dolop (Menyelam). Hukum Dolop pada Masyarakat Suku Dayak Agabag di desa Tukulon Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara sebagian besar dipegang teguh oleh masyarakat yang berusia lanjut, Hukum Dolop bersifat Sakral, bersifat tradisional, bersifat lisan, sakti, magis dan kebanyakan yang menjadi tokoh Adat tidak menempuh pendidikan umum, Penerapan Hukum Dolop pada Masyarakat Suku Dayak Agabag sangat dipegang teguh oleh semua masyarakat Suku Dayak Agabag di desa Tukulon Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Badruddin Nasir, M.Si., Ratna Purba, M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26 September 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email