Peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Dalam Pelestarian Biota Laut di Kabupaten Berau (Studi pada LSM Konservasi “Biota Laut Berau” Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau (Selviana Rezkiyani)

August 31, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Rezkiyani, Selviana
On: Aug 31, 2021 @ 11:09 PM
IP: 36.75.32.146

  • 1. Title [Judul]: Peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Dalam Pelestarian Biota Laut di Kabupaten Berau (Studi pada LSM Konservasi “Biota Laut Berau” Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Selviana Rezkiyani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kata Kunci: Peran, LSM, Pelestarian, Biota Laut.
  • 4. Description [Abstrak] : Peran adalah kedudukan seseorang yang membuat seseorang tersebut mempunyai tanggung jawab menjadikan sebuah organisasi mampu mencapai tujuannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Konservasi “Biota Laut Berau” dalam pelestarian biota laut di Kabupaten Berau dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Lembaga Swadaya Masyarakat Konservasi “Biota Laut Berau” dalam pelestarian Biota Laut di Kabupaten Berau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Purpossive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif bertujuan mendeskripsikan secara mendalam bagaimana peran LSM Konservasi “Biota Laut Berau” dalam melestarikan biota laut Berau agar tetap lestari.
    Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga peran LSM Konservasi “Biota Laut Berau” dalam melestarikan biota laut Berau yaitu Pertama; Peran sebagai Pembina, yaitu mengedukasi masyarakat untuk beralih membuat kerajinan tangan dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan menjadi cendramata. Kedua; Peran sebagai Motivator yaitu memotivasi masyarakat agar tetap melakukan kegiatan yang positif alam meningkatkan perekonomian dengan mendorong masyarakat untuk mengikuti pelatihan (kerajinan tangan, Pendidikan Bahasa inggris, promosi wisata). Ketiga; Peran sebagai Fasilitator dengan menjadi media penggerak untuk menggerakkan masyarakat agar menjaga lingkungan dengan mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah, membuat brosur, menyebarkan di media massa.
    Faktor pendukung dalam pelestarian biota laut di Kabupaten Berau yaitu, tekad yang kuat dari anggota LSM dan konsisten untuk melakukan pelestarian biota laut, dan Faktor penghambat yaitu, pandangan masyarakat yang masih menganggap keberadaan LSM Konservasi “Biota Laut Berau” mengganggu mereka, minimnya pengetahuan dan kepedulian masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, MS , Drs. H. Badruddin Nasir, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email