SISTEM KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA DALAM MENGELOLA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) (Studi Kasus BUMDes Mulia Jaya Desa Kelinjau Ulu Kecamatan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur) (Makhyudin Syafar)

August 25, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Syafar, Makhyudin
On: Aug 25, 2021 @ 3:55 AM
IP: 182.3.136.22

  • 1. Title [Judul]: SISTEM KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA DALAM MENGELOLA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) (Studi Kasus BUMDes Mulia Jaya Desa Kelinjau Ulu Kecamatan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Makhyudin Syafar
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Sistem Kebijakan, Pemerintah Desa, BUMDes
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui dan mendeskripsikan bagaimana Sistem Kebijakan Pemerintah Desa dalam Mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mulia Jaya Desa Kelinjau Ulu Kecamatan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur. BUMDes di kenal sebagai penggerak perekonomian desa terutama dalam peningkatan PADes dan Peningkatan pendapatan masyarakat, dengan memperhatikan potensi yang mendominasi di Desa Kelinjau Ulu. Dalam penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini di lakukan di Desa Kelinjau Ulu Kecamatan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur. Hasil yang di temukan dalam penelitian ini yaitu melihat dari sistematika sebuah kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa berpacu pada potensi yang mendominasi di Desa Kelinjau Ulu Kecamatan Muara Ancalong yang kemudian di kalaborasikan oleh pemerintah desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sehingga munculah inisiatif untuk membuat suatu produk kebijakan tentang pengelolaan Badan Usaha Milik Desa yang memiliki Unit Usaha Pembelian Buah Sawit masyarakat, Unit Supply pupuk, dan Unit pasar desa. Disamping itu dalam pelaksanaannya dilakukan oleh pemerintah desa maupun Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencipatakan partisipasi masyarakat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam memilih jenis usaha yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa. Sehingga menemukan input dan output yang dihasilkan dari kebijakan ini yaitu meningkatnya pendapatan PADes, pendapatan masyarakat, maupun pengurangan angka pengangguran.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1.Budiman, S.IP., M.Si., 2. Jumansyah, S.IP., M.I.Pol
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email