Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara (Yosua Apriyadi)

August 24, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Apriyadi, Yosua
On: Aug 24, 2021 @ 4:33 PM
IP: 182.3.134.55

  • 1. Title [Judul]: Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yosua Apriyadi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Evaluasi, Program Keluarga Harapan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara, apakah pelaksanaan PKH selama ini telah sesuai dengan indikator efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas, serta ketepatan PKH.
    Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, observasi, wawancara, dokumentasi, serta melalui data yang diberikan oleh pihak terkait. Narasumber dari penelitian ini ada sebanyak 12 (dua belas) orang yang terdiri dari Koordinator PKH tingkat Kabupaten, Pendamping PKH, serta Keluarga Penerima manfaat (KPM) PKH. Analisis data yang dilakukan adalah dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara pada umumnya telah berjalan dengan baik. Pada indikator efektivitas dari Program Keluarga Harapan telah berjalan dengan cukup baik meskipun ada sedikit kendala dalam pelaksanaannya. Lalu pada indikator efisiensi program ini sudah berjalan cukup efisien walaupun terkadang juga masih ada sedikit kendala. Selanjutnya dari indikator kecukupan, program ini cukup membantu mengatasi permasalahan kemiskinan namun belum sepenuhnya tercukupi. Kemudian dari indikator pemerataan, program ini telah berjalan dengan merata namun masih terdapat sedikit kendala. Dari responsivitasnya, program ini mendapat respon yang baik masyarakat. Dan dilihat dari indikator ketepatan, program PKH ini sudah sangat tepat dan bermanfaat bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si, Dr. Anwar, S.Sos, MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 24 Agustus 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email