Penggunaan Fitur Instagram Stories Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Pada Akun Instagram @Griizelle.id) (Muchamad Nabil)

August 9, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Nabil, Muchamad
On: Aug 9, 2021 @ 1:41 PM
IP: 182.3.137.166

  • 1. Title [Judul]: Penggunaan Fitur Instagram Stories Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Pada Akun Instagram @Griizelle.id)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muchamad Nabil
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Uses and Gratification, Komunikasi Pemasaran Online, Fitur Instagram
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan fitur instagram
    stories sebagai media komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh akun
    @Griizelle.id. Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori Uses and Gratification.
    Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, menggunakan teknik
    analisis dari Miles dan Huberman yang dimaksudkan untuk mengumpulkan
    informasi mengenai segala sesuatu saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian di kediaman pemilik akun @Griizelle.id tepatnya di kota Sangatta, Kutai Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan dokumentasi.
    Narasumber dalam penelitian ini ada 2 orang yaitu pemilik akun terkait dan juga admin dari akun tersebut.
    Hasil penelitian menunjukkan fungsi fitur dalam aplikasi instagram sangat
    erat dengan kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh narasumber. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan fitur instagram stories yang meliputi filter, caption, hashtags, dan polling oleh narasumber agar tujuannya dalam memasarkan barang dapat terwujud. Kemudian hal tersebut dikonfirmasi oleh narasumber melalui tanggapan mereka terkait digunakannya fitur instagram stories pada akun media sosial mereka secara berkelanjutan. Tercapainya tujuan
    dari narasumber yang merupakan pengguna media merupakan akhir dari
    keseluruhan proses penggunaan fitur dalam stories instagram. Kepuasan yang
    didapat atau tercapainya tujuan dalam penggunaan media sosial sangat terkait
    dengan bahasan dalam teori uses and gratification.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si, Drs. Ghufron, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal

Loading