Studi Tentang Prosedur Pelayanan Administrasi Dalam Pembuatan Surat Ijin Mengemudi (Sim) C Di Kantor Satuan Lalu Lintas Kota Samarinda (Zintike Irene Masakke)
August 6, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Aug 6, 2021 @ 1:15 PM
IP: 121.100.17.198
- 1. Title [Judul]: Studi Tentang Prosedur Pelayanan Administrasi Dalam Pembuatan Surat Ijin Mengemudi (Sim) C Di Kantor Satuan Lalu Lintas Kota Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Zintike Irene Masakke
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Prosedur, Pelayanan Administrasi, Surat Ijin Mengemudi (SIM) C , Satuan Lalu Lin
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pelayanan administrasi dalam pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kota Samarinda, untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung prosedur pelayanan administrasi dalam pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kota Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, prosedur pelayanan administrasi dalam pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kota Samarinda sudah baik. Hal tersebut di identifikasi dari: Mempersiapkan fotocopy KTP selama ini sudah baik dilakukan masyarakat, untuk memenuhi persyaratan dalam pembuatan SIM C. Selama ini dalam pembuatan SIM, semua masyarakat dapat melengkapi prosedur surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Masyarakat diberikan formulir oleh petugas Satlantas. Masyarakat dapat mudah melakukan pengisian formulir, karena tampilan yang sangat sederhana.
Ujian teori harus di ikuti oleh masyarakat dalam pembuatan SIM C. Ujian praktik harus masyarakat ikuti, agar mendapatkan penilaian yang baik untuk menentukan kelulusan mendapatkan SIM C. Dalam pembuatan SIM, masyarakat harus melakukan tanda tangan, pengambilan sidik jari, dan foto, selama ini pemohon lakukan prosedur tersebut dengan baik. Faktor penghambat prosedur pelayanan administrasi dalam pembuatan SIM di Satlantas yaitu lambatnya jaringan online, adanya pengurangan jumlah pemohon SIM yang dilayani, kesadaraan masyarakat yang tidak membuat SIM, dan dari masyarakat yang tidak bisa menggunakan komputer untuk ujian teori, dan faktor pendukung dari adanya penambahan sarana prasarana yang masih kurang, petugas melakukan pemeliharaan dan perbaikan sarana prasarana yang berkesinambungan, kepedulian petugas, dengan ramah dan sopan, keakuratan pelayanan, jaminan rasa aman, dan kenyamanan pelayanan.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwin Resmawan, M.Si , Nur Hasanah, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 6 Agustus 2021
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3694
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi