Strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dalam Meningkatkan Pelayanan Air Bersih di Kecamatan Bontang Barat Kota Bontang. (Marwah)

August 6, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 6, 2021 @ 7:05 AM
IP: 182.3.132.1

  • 1. Title [Judul]: Strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dalam Meningkatkan Pelayanan Air Bersih di Kecamatan Bontang Barat Kota Bontang.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Marwah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, Pelayanan, PDAM.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Perusahaan Daerah Air Minum dalam meningkatkan pelayanan air bersih di Kota Bontang, serta faktor pendukung dan penghambat yang didapat dalam pelaksanaan strategi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Work Research) yaitu observasi wawancara (Interview) langsung dengan Key Informan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah analisis data model interaktif Mathew dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui dalam upaya meningkatkan pelayanan yang dilakukan agar dapat meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat dengan beberapa strategi, diantaranya melalui 1. Meningkatkan dan mengembangkan cakupan pelayanan dengan cara menargetkan banyak pemasangan baru dan menetapkan jam pelayanan produksi dan distribusi. 2. Meningkatkan proffesionalisme Sumber Daya Manusia dengan melakukan kegiatan pendidikan, pelatihan, magang, dan lain- lain yang telah dilaksanakan secara rutin dan bertahap. 3. Penyesuaian air minum dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan berupa sosialisasi dan komunikasi kepada pelanggan melalui brosur, media cetak dan media elektronik. Dalam melaksanakan tugasnya terdapat faktor pendorong yaitu adanya peran pemerintah dalam mengambil kebijakan, dan keterampilan yang dimiliki oleh pegawai, dan adanya loket online untuk mempermudah pelanggan melakukan pembayaran tagihan rekening. Dalam melaksanakan tugasnya juga terdapat faktor penghambat yaitu adanya kebocoran pipa, adanya pelanggan yang menunggak membayar tagihan rekening, juga apabila terjadi pemadaman listrik maka pendistribusian air bersih kepada pelanggan menjadi terhambat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muhammad Noor, M.Si., Hj. Letizia Dyastari, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 6 Agustus 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading