PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TAMAN HUSADA BONTANG (STUDI KASUS PADA PASIEN RAWAT INAP DEWASA) (Ayu Lestari)
August 5, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Lestari, Ayu
On: Aug 5, 2021 @ 2:35 PM
IP: 125.160.113.168
- 1. Title [Judul]: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TAMAN HUSADA BONTANG (STUDI KASUS PADA PASIEN RAWAT INAP DEWASA)
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ayu Lestari
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan. Kepuasan Pasien
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk memahami, mengetahui dan melihat bagaimana pengaruh antara kualitas pelayanan Kesehatan terhadap kepuasan pasien di RSUD Taman Husada Bontang. Dan untuk mengukur serta menilai seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Taman Husada Bontang terhadap kepuasan pasien yang di rawat.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk melakukan pemecahan masalah yang ada berdasarkan data dan informasi, dengan metode deskriptif kuantitatif ini akan diketahui hubungan kausal diantara variabel yang akan diteliti. Definisi operasional meliputi variabel bebas (independen) yaitu kualitas pelayanan dan variabel terikat (dependen) yaitu kepuasan pasien. Adapun didalam penelitian ini, 43 orang pasien rawat inap dewasa yang dirawat di RS Taman Husada Bontang digunakan sebagai narasumber dengan menggunakan teknik random sampling dalam menentukan responden penelitian. Dalam pengumpulan data penelitian, teknik yang digunakan adalah studi pustaka (penelitian kepustakaan seperti melalui sumber buku, jurnal dll) serta teknik lain yaitu penelitian dengan turun langsung ke lapangan. Selain itu, skala Likert digunakan sebagai cara untuk mengukur data yang telah diperoleh. Kemudian teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana serta koefisien korelasi product moment (rxy).
Adapun rumus korelasi product moment untuk menarik kesimpulan berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis bila N = 43, maka hipotesis yang diajukan diterima. Di sinilah nilai rxy dihitung lebih besar dari nilai kritis tabel (0,848 > 2,019) pada level ini, Dan hal ini termasuk ke dalam pengaruh kuat kualitas pelayanan RSUD Taman Husada Bontang terhadap kepuasan pasien. Selanjutnya uji regresi linier sederhana dilakukan guna memperoleh hasil persamaan yaitu Y = 3,419 + 0,371X. Selain itu, berdasarkan hasil determinasi yang di ujikan, maka diperoleh 71,9% besarnya pengaruh dari kualitas pelayanan kesehatan di RS Taman Husada Bontang terhadap kepuasan pasien. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3324
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal