STRATEGI KEPALA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN MUARA JAWA (Netty Pramitha)
July 9, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Jul 9, 2021 @ 2:46 PM
IP: 125.160.115.16
- 1. Title [Judul]: STRATEGI KEPALA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN MUARA JAWA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Netty Paramitha
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, Kepala Puskesmas, Kualitas Pelayanan Kesehatan
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan guna mengetahui dan mendeskripsikan strategi Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kecamatan Muara Jawa dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kecamatan Muara Jawa. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui pelaksanaan observasi, wawancara, dan document research. Analisis data yang dipakai ialah analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Puskesmas melakukan kegiatan penyuluhan yang meliputi Basic Six sesuai skala prioritas permasalahan kesehatan pada saat ini yang mana program basic six terdapat rencana kegiatan tahunan (RKT), sehingga semua kegiatan terjadwal dmulai dari KIA, promkes, kesling dan UKP lainnya yang pelaksanaannya dilakukan mulai dari sekolahan, RT dan Kelurahan. Peningkatan SDM petugas sesuai rumpun ilmunya dan programnya di Puskesmas yang mana terdapat peningkatan SDM penting dikarenakan bidang kesehatan terdapat STR (Surat Tanda Registrasi) yang setiap 5 tahun harus diupgrade kalau tidak di upgrade petugas tidak dapat bekerja. Penyediaan sarana dan prasarana kesehatan yang memadai, hal tersebut karena Puskesmas Muara Jawa statusnya Poned dan Rawat Inap 24 Jam. Faktor pendukung yaitu SDM yang kualitasnya mumpuni, sarana prasarana dan dukungan stakeholder. Adapun faktor penghambat yaitu budaya masyarakat yang agak sulit dirumah.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si dan Melati Dama, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3676
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal