Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Online Single Submission (OSS) Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda (Fuji Puspita Rahayu)

July 7, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Rahayu, Fuji Puspita
On: Jul 7, 2021 @ 10:24 PM
IP: 125.160.65.14

  • 1. Title [Judul]: Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Online Single Submission (OSS) Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fuji Puspita Rahayu
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Online Single Submission (OSS), Perizinan Berusaha
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Online Single Submission (OSS) Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda serta untuk mengidentifikasi hambatannya.
    Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Dengan fokus penelitian pelaksanaan pelayanan perizinan berusaha OSS pada DPMPTSP Kota Samarinda terdiri dari pendaftaran izin usaha, penerbitan izin usaha, pelaku usaha melakukan pemenuhan komitmen, pembayaran biaya, fasilitasi, masa berlaku, pengawasan serta dengan memperhatikan hambatan dalam pelaksanaanya. Teknik yang digunakan yakni purposive sampling dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi kepada key informan dan informan yakni Kepala Seksi Perizinan serta Staf Operator OSS dan pelaku usaha yang menggunakan layanan pendampingan OSS di DPMPTSP Kota Samarinda. Teknik analisis data dengan metode model interaktif oleh Miles, Huberman (2014).
    Hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan pelayanan perizinan berusaha OSS pada DPMPTSP Kota Samarinda yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik belum berjalan maksimal karena masih terjadinya kesenjangan digital kurangnya pemahanan pelaku usaha dalam menggunakan sistem OSS dari segi pendaftaran dan pengisian data pada proses penerbitan izin usaha. Dari segi pelaku usaha melakukan pemenuhan komitmen belum terintegrasinya pengurusan perizinan yang dibutuhkan untuk memenuhi komitmen. Dari segi fasilitas DPMPTSP Kota Samarinda kurang dalam hal jumlah operator OSS yang melayani pendampingan OSS. Serta dari segi pengawasan belum dilakukan pengawasan terhadap pelaku usaha yang belum menyelesaikan pemenuhan komitmen oleh DPMPTSP Kota Samarinda. Hambatan dalam pelaksanaanya adalah adanya kesenjangan digital dari pelaku usaha, terjadi gangguan jaringan internet dan server dari sistem OSS.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle., M.AP dan Thalita Rifda Khaerani, S.A.P., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email