IMPLEMENTASI STRATEGI PENGENDALIAN LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK DI KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG OLEH DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA SAMARINDA (RATIH LESTARI)

July 6, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Lestari, Ratih
On: Jul 6, 2021 @ 1:56 PM
IP: 140.213.191.228

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI STRATEGI PENGENDALIAN LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK DI KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG OLEH DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: RATIH LESTARI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi Strategi, Strategi, Pengendalian Penduduk, Laju Pertumbuhan Pendudu
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi Strategi Pengendalian Laju Pertumbuhan Penduduk di Kecamatan Samarinda Seberang oleh DPPKB Kota Samarinda, serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat yang ada di dalam pelaksanaannya.
    Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian berdasarkan Rencana Strategis DPPKB Kota Samarinda Tahun 2016-2021 yaitu, meningkatkan pemanduan dan sinkronisasi kebijakan dengan instansi terkait, meningkatnya akses dan kualitas pelayanan serta kesadaran masyarakat akan pentingnya KB, penguatan kapasitas tenaga penyuluh KB lapangan, dan meningkatkan ketahanan keluarga serta faktor penghambat dalam Implementasi Strategi Pengendalian Laju Pertumbuhan Penduduk di Kecamatan Samarinda Seberang oleh DPPKB Kota Samarinda. Dalam penelitian ini yang menjadi key informan dalam penelitian ini adalah Staff Bidang Perencanaan DPPKB Kota Samarinda. Informan lainnya ialah Kepala Seksi Pemanduan Dan Sinkronisasi Kebijakan Pengendalian Penduduk, Kepala Bidang KB, Kepala Bidang KIE, Kepala Bidng Penyuluhan Dan Penggerakan, Kepala Seksi Pemberdayaan Keluarga Sejahtera DPPKB Kota Samarinda, Kepala Seksi Tata Kelola E-Governtment dan Pengembangan Sumber Daya TIK DISKOMINFO Kota Samarinda, PKB Kecamatan Samarinda Seberang, dan masyarakat . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana.
    Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Strategi Pengendalian Laju Pertumbuhan Penduduk di Kecamatan Samarinda Seberang oleh DPPKB Kota Samarinda sudah berjalan dengan baik namun pencapaiannya belum maksimal sesuai dengan peraturan yang sudah ada, karena masih terdapat faktor pengahambat yaitu kurangnya anggaran, kurangnya sosialisasi yang dilakukan, serta kurangnya SDM PKB/PLKB yang dimiliki oleh DPPKB Kota Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. M. Z. Arifin, M.Si & Thalita Rifda Khaerani, S.AP, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email