UPAYA DINAS TENAGA KERJA DALAM MENGURANGI ANGKA PENGANGGURAN DI KOTA SAMARINDA (HERLINA PANGKAREGO)

July 6, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 6, 2021 @ 10:10 AM
IP: 180.248.123.165

  • 1. Title [Judul]: UPAYA DINAS TENAGA KERJA DALAM MENGURANGI ANGKA PENGANGGURAN DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: HERLINA PANGKAREGO
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Upaya, Tenaga Kerja, Pengangguran
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana upaya-upaya yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda dalam menguarangi angka pengangguran yang tiggi di Kota Samarinda. Kemudian untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi.
    Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Yang menjadi fokus permasalahan dalam penelitian 1. Upaya Dinas Tenaga Kerja Dalam Mengurangi Angka Pengangguran Di Kota Samarinda dengan indikator : pemberian informasi pasar kerja dan pelatihan kerja 2. Kendala- kendala yang dihadapi dalam mengurangi angka pengangguran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Data primer diperoleh dari key informan dalam penelitian ialah Kepala Dinas Tenaga Kerja dan informan yang terdiri dari penganggung jawab bidang penempatan tenaga kerja, penanggung jawab bidang informasi pasar kerja dan penyuluhan jabatan, penanggung jawab bidang, penanggung jawab bidang pelatihan kerja dan pencari kerja. Kemudian penelitian ini menggunakan analisis Data Kualitatif Model Interaktif dari Miles Huberman.
    Hasil penelitian yang didapati dilapangan menunjukkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan oleh Dinas tenaga Kerja belum maksimal dalam hal memberikan informasi pasar kerja, penyuluhan dan bimbingan jabatan kepada mahasiswa, pencari kerja, siswa SMA/SMK,penyandang disabilitas dan lansia. Dikarenakan mengalami beberapa kendala dalam pelaksanaannya diantaranya dana, SDM, keseriusan dari peserta yang mengikuti pelatihan dan keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan berbeda dengan yang dimiliki oleh pencari kerja.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Rosa Anggraeiny,M.si & Drs. Arifin.M.Z.M,si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 6Juli 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open dokument

Loading

Print Friendly, PDF & Email