PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA (Desyta Triwardany)

June 28, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 28, 2021 @ 1:04 PM
IP: 114.122.230.13

  • 1. Title [Judul]: PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Desyta Triwardany
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), Kecamatan Sungai Pinang.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian untuk mengetahui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda dan untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor penghambat Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. Jenis penelitian ini bersifat deskriftif. Adapun metode analisa data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif deskriftif dimana diadakan analisa data berdasarkan hasil penelitian lapangan tentang Implementasi Kebijakan Pemerintah daerah dalam pelayanan Kesehatan masyarakat dikelurahan sempaja selatan kecamatan samarinda utara kota samarinda. Hasil penelitian menujukkan bahwa dari segi Prosedur Pelayanan di nilai dari kemudahan tahapan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dilihat dari sisi kesederhanaan alur pelayanan yang ada di Kantor Kecamatan Sungai Pinang sudah sesuai dengan standar PATEN. Kemudian dari segi Waktu Pelayanan dinilai dari jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan sudah sesuai dengan prosedur pelayanan yang ada sesuai dengan PATEN, namun terkadang beberapa pelayanan mengalami hambatan dalam waktu penyelesaiannya dikarenakan masalah sarana dan prasarana dalam menginput data maupun di karenakan jaringan intenet. Dari segi Biaya dilihat dari biaya yang dikeluarkan masyarakat sudah tidak ada lagi untuk biaya pelayanan sesuai dengan persyaratan PATEN, dan masyarakat memberikan respon yang positif dengan tidak adanya lagi biaya administrasi yang lebih meringankan beban masyarakat apalagi yang kurang mampu. Dari segi Sarana Prasarana dinilai dari keadaan Kantor Camat Sungai Pinang sudah sesuai dengan standar PATEN meskipun ada yang perlu di benahi, dapat dilihat dari kondisi loket adanya pembagian pelayanan terkait pelayanan subtantif dan administratif, masyarakat tidak lagi bingung karena diloket ada keterangan yang jelas dan sudah terbagi dengan jelas. Faktor penghambat adalah merupakan halangan atau rintangan dimana keadaan yang menyebabkan pelaksanaan tugas dan pelayanan PATEN menjadi terganggu atau tidak terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian faktor penghambat pelaksanaan pelayanan PATEN di Kantor Kecamatan Sungai Pinang adalah ketika jaringan internet mengalami gangguan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Iman Surta, M.Si, Dr. Rita Kala Linggi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 Juni 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email