Partisipasi Politik Masyarakat Kecamatan Sambutan Dalam Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2018. (Muhammad Ikhsan Rasyaidi)

June 24, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Rasyaidi, Muhammad Ikhsan
On: Jun 24, 2021 @ 2:54 PM
IP: 180.248.121.244

  • 1. Title [Judul]: Partisipasi Politik Masyarakat Kecamatan Sambutan Dalam Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2018.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Ikhsan Rasyaidi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Partisipasi, Politik, Masyarakat, Pemilihan Gubernur.
  • 4. Description [Abstrak] : Muhammad Ikhsan Rasyaidi, Partisipasi Politik Masyarakat Kecamatan Sambutan Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2018, dapat selesai berkat melalui bimbingan Ibu Prof. Dr. Hartutiningsih, M.Si serta Bapak Drs. Sugandi, M.Si. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk partisipasi masyarakat Kecamatan Sambutan dalam Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018, dan mengetahui faktor pendorong partisipasi masyarakat Kecamatan Sambutan dalam Pemilihan kepala daerah. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Informan yaitu masyarakat yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Tehnik Observasi, Tehnik Wawancara dan Tehnik Dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber data. Analisis data yang digunakan yaitu: catatan lapangan, pengumpulan, pemilahan, mengklasifikasikan, mensintesiskan, membuat ikhtisar, membuat indeksnya dan berpikir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, partisipasi politik dalam pelaksanaan pemilu Tahun 2018 di Kecamatan Sambutan Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, terdiri dari rumusan masalah pertama ialah mengetahui bentuk partisipasi masyarakat Kecamatan Sambutan. Pertama masyarakat memberikan hak suaranya kepada salah satu pasangan Calon Gubernur. Kedua dengan melakukan diskusi Politik dan Ketiga adalah dengan mengikuti kegiatan Kampanye. Pertimbangan dari latar belakang calon tersebut, visi misi calon, dan sosok latar belakang calon yang baik dari Kepala Daerah sebelumnya. Kandidat calon gubernur juga dlihat dari prestasi figur dan pengalamannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat. Pertama Kesadaran Politik masyarakat. Kedua dengan mengikuti sosialisasi atau kegiatan kampanye. Ketiga kepercayaan terhadap Kandidat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Pogram Studi/Konsentrasi Sosiologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hartutiningsih, M.Si., Drs. Sugandi, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 23 Juni 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email