Analisis Iklim Komunikasi Organisasi pada Kantor Cabang Bank Arha Graha Internasional Kota Samarinda (Rizta Fatrecia Agnes)

May 25, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Agnes, Rizta Fatrecia
On: May 25, 2021 @ 5:21 PM
IP: 182.1.164.217

  • 1. Title [Judul]: Analisis Iklim Komunikasi Organisasi pada Kantor Cabang Bank Arha Graha Internasional Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizta Fatrecia Agnes
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Iklim Komunikasi Organisasi, Kantor Cabang Bank Artha Graha Internasional
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana iklim komunikasi organisasi pada Kantor Cabang Bank Artha Graha Internasional Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
    Fokus pada penelitian ini adalah bagaimana iklim komunikasi organisasi pada Kantor Cabang Bank Artha Graha Internasional Kota Samarinda ditinjau dari beberapa dimensi yakni; kepercayaan, pembuatan keputusan partisipatif, kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas dan perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi. Sumber data pada penelitian ini diambil dari executive officer dan tiga orang staf karyawan dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi.
    Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data adalah penelitian lapangan (field work research) dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklim komunikasi yang terjalin antara pimpinan dan bawahan berdasarkan dimensi kepercayaan, pembuatan keputusan partisipatif, kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas dan perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi, sejauh ini terjalin dengan baik. Pimpinan dan bawahan berupaya menjunjung tinggi kerjasama yang baik, saling terbuka dalam menyampaikan hasil kerja yang dihasilkan dan pimpinan selalu memberikan bawahan kebebasan untuk berpendapat. Hanya saja kepercayaan di antara sesama karyawan terdapat kendala dan terjalin kurang baik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si. Dr. Santi Rande, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email