Pengembangan Sumber Daya Aparatur Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara di Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Veni Novita Saputri)

May 25, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Saputri, Veni Novita
On: May 25, 2021 @ 12:16 PM
IP: 114.4.217.179

  • 1. Title [Judul]: Pengembangan Sumber Daya Aparatur Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara di Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Veni Novita Saputri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengembangan, Kinerja, Aparatur Sipil Negara.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengembangan Sumber Daya Aparatur Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif, Subjek dalam penilitian ini adalah seluruh kasubag dan staff umum yang ada di Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui beberapa tahapan yaitu tahapan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi, data yang terkumpul kemudian di analisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.
    Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan sumber daya aparatur dalam meningkatkan kinerja aparatur sipil negara di Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur masih kurang optimal, dimana diklat kepemimpinan, diklat fungsional dan diklat teknis baru dilaksanakan di tahun 2020, sedangkan pada tahun 2017 sampai tahun 2019 tidak ada dilaksanakan, sehingga promosi belum terlaksana. Adapun mutasi telah dilakukan dari kurun tahun 2017-2019. Teguran dan hukuman sudah dilakukan yang mana adanya sanksi yang diberikan mulai dari teguran ringan, teguran sedang, dan teguran berat. Faktor yang menjadi pendukung pengembangan sumber daya aparatur dalam meningkatkan kinerja aparatur sipil negara di Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur berupa sarana dan prasarana dan suasana lingkungan kerja. Sedangkan faktor penghambat berupa kurangnya anggaran yang tersedia khususnya dalam pelaksanaan diklat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwin Resmawan, M.Si dan Dr. Iman Surya, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email