TREND NGOPI SEBAGAI GAYA HIDUP BARU DI KALANGAN KAUM MUDA DI COFFEE SHOP AKSARA KOPI DAN BUKU SAMARINDA (Margreth Gramanda Parinding Malisan)

May 21, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 21, 2021 @ 1:39 PM
IP: 182.3.136.45

  • 1. Title [Judul]: TREND NGOPI SEBAGAI GAYA HIDUP BARU DI KALANGAN KAUM MUDA DI COFFEE SHOP AKSARA KOPI DAN BUKU SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Margreth Gramanda Parinding Malisan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Trend Ngopi, Gaya Hidup, Kaum Muda.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini menjelaskan tentang trend ngopi sebagai gaya hidup kaum muda di coffee shop aksara kopi dan buku di samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui trend ngopi sebagai gaya hidup kaum muda di coffee shop aksara kopi dan buku dengan fokus penelitian yaitu kegiatan, minat, dan opini. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskiriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif yang terdiri dari beberapa komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diperoleh gambaran secara umum yaitu, kaum muda menghabiskan waktu di coffe shop Aksara Kopi dan Buku dimana aktivitas yang menunjukkan gaya hidup (lifestyle) kaum muda pun sangat beragam dilakukan di tempat tersebut. Peneliti menemukan adanya kegiatan seperti nongkrong (hang out) bersama teman, ngobrol, diskusi setiap minggunya, mengerjakan tugas kuliah, mengerjakan skripsi, dan kegiatan lainnya. Selanjutnya kaum muda sangat senang nongkrong di coffee shop, hal ini merupakan bukti adanya ketertarikan atau minat tidak hanya varian rasa kopi tetapi coffe shop Aksara Kopi dan Buku memiliki daya tarik tersendiri, seperti nyamannya tempat serta fasilitas yang disediakan membuat kaum muda sangat senang berlama-lama di coffe shop Aksara Kopi dan Buku. Hal yang membentuk kaum muda diantaranya kaum muda mempunyai persepsi bahwa ngopi di coffee shop menjadi gaya hidup mereka.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Massad Hatuwe, M.Si., Novita Surya Ningsih, M.A.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 21 Mei 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email