Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pada Puskesmas Di Long Ampung Kacamatan Kayan Selatan Kabupaten Malinau (Dinda Putri Sepriani)

May 21, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 21, 2021 @ 10:31 AM
IP: 182.3.136.45

  • 1. Title [Judul]: Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pada Puskesmas Di Long Ampung Kacamatan Kayan Selatan Kabupaten Malinau
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dinda Putri Sepriani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan, kesehatan, masyarakat, puskesmas.
  • 4. Description [Abstrak] : Untuk mengetahui pelaksanaan program kesehatan masyarakat di puskesmas Long Ampung Kecamatan Kayan Hulu Selatan Kabupaten Malinau dan Untuk mengetahui faktor penghambat pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas LongAmpung Kecamatan Kayan Hulu Selatan Kabupaten Malinau. Kemudian jenis penelitian di dalam penulis skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskritif dengan menggunakan metode analisis kualititif. Pada pelaksanaan program kesehatan masyarakat pertama yaitu Promosi kesehatan kepada masyarakat sudah aktif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Namun, belum memenuhi standar pelayanan dengan optimal karena kekurangan dokter dan sarana obat-obatan sehingga belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat seperti menangani pasien yang sedang sakit/ gangguan kesehatan. Kedua, pelayanan kesehatan ibu dan anak seperti pelayanan posyandu sudah aktif dalam melaksanakan tugas posyandu kepada masyarakat, dalam meningkatkan kesehatan masyarakat namun, masyarakat yang ingin dilayani jarang berada di tempat/lingkungan kampung, terkadang ada masyarakat yang lebih mementingkan aktivitasnya di luar kampung. Ketiga, perbaikan Gizi Masyarakat, dalam pelayanan gizi masyarakat sudah memenuhi kebutuhan masyarakat seperti pemberian vitamin kepada balita dan penambahan gizi bagi ibu hamil serta pemberian makanan sehat seperti bubur kacang hijo. Sehingga dalam pemenuhan gizi masyarakat sudah berjalan dengan baik. Keempat, kompetensi petugas pemberi pelayanan baik, namun masih adanya petugas yang kurang di siplin dalam melaksanakan tugasnya. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu sarana dan prasarana pelayanan publik, penggunaan teknologi informasi yang memdai, memanfaatkan tempat yang tersedia dengan sebaik mungkin. Untuk memenuhi kebutuhan masyakat di sekitar puskesmas long ampung maupun masyarakat yang datang berobat ke puskesmas tersebut. Selanjutnya sesuai dengan analisis dan pembahasan hasil penelitian yang telah di paparkan dapat di simpulkan bahwa pelayanan kesehatan masyarakat dalam proses penyelenggaraan nya meskipun penerapannya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan permintaan masyarakat belum mencapai 100% namun dalam tahap pelayanan masyarakat yang ada di Puskesmas Long Ampun telah berjalan sesuai dengan prosedur yang ada di Puskesmas Long Apung.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Martinus Nanang, MA., Sarifudin, S.Sos.M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 21 Mei 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email