Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Long Kali Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser (Dede Suharni)
May 15, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: May 15, 2021 @ 12:32 AM
IP: 182.3.137.66
- 1. Title [Judul]: Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Long Kali Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dede Suharni
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas, Pelayanan, Kesehatan, Rawat Jalan, Puskesmas.
- 4. Description [Abstrak] : Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan pada masyarakat dan upaya kesehatan pada perseorangan tingkat pertama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Long Kali Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser dan mengidentifikasi penghambat dalam kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan di puskesmas Long Kali. Indikator dari penelitian ini yaitu : Bukti Fisik (Tangible), Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Perhatian (Empathy). Metode yang digunakan dalam metode ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan pada Puskesmas Long Kali sudah cukup baik dilihat dari alur pelayanan yang ada di puskesmas yang cukup mudah dengan adanya alur pelayanan untuk memudahkan pasien, dan juga petugas dalam memberikan pelayanan sudah tanggap dan mampu memberikan pelayanan baik dalam perhatian terhadap pasien yang datang dalam pemeriksaan dan pengobatan. Sedangkan masalah yang terdapat dalam pelayanan adalah kurangnya tenaga kesehatan dan kurangnya sarana prasaranan yang memadai.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S., Drs. Sugandi, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 5 Mei 2021
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ps.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1397
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi