Peran Pendamping Program Keluarga Harapan di Kelurahan Tanjung Laut Kota Bontang (Studi kasus di RT. 17 dan RT.37 Kelurahan Tanjung Laut). (Apri Wivantari Netha Putri)

March 12, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 12, 2021 @ 4:38 AM
IP: 114.122.233.134

  • 1. Title [Judul]: Peran Pendamping Program Keluarga Harapan di Kelurahan Tanjung Laut Kota Bontang (Studi kasus di RT. 17 dan RT.37 Kelurahan Tanjung Laut).
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Apri Wivantari Netha Putri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Pendamping, Program Keluarga Harapan
  • 4. Description [Abstrak] : Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah peran pendamping program keluarga harapan dalam mengentaskan kemiskinan di Kelurahan Tanjung Laut, Kota Bontang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kegiatan kerja peran pendamping terhadap pengentasan kemiskinan di Kelurahan Tanjung Laut Kota Bontang melalui program keluarga harapan, dengan fokus pada peran fasilitator, peran pendidik, peran refresentatif/ perwakilan, dan peran keterampilan teknis. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep peran community worker menurut Jim Ife. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam menentukan informan mengunakan teknik purposive sampling dengan subjek penelitian berjumlah 6 orang yaitu 1 Koordinator PKH, 1 Pendamping PKH, 3 penerima manfaat PKH dan 1 staff pemberdayaan masyarakat Kelurahan Tanjung Laut. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian, peran pendamping program keluarga harapan adalah peran seseorang yang menjadikan dirinya sebagai agen perubahan terhadap kelompok dampingannya. Seorang pendamping PKH mmemiliki 4 peran yaitu sebagai fasilitator, sebagai pendidik, sebagai perwakilan masyarakat dan harus menguasai keterampilan teknis. Hal ini dilakukan agar masyarakat yang menjadi peserta PKH berdaya dalam membangun hidup mereka ketika mereka tidak lagi terdaftar sebagai peserta penerima bantuan PKH. Pendamping PKH telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik namun perlu adanya evaluasi dalam pelaksaan PKH selanjutnya dikarenakan jumlah pendamping yang kurang sedangkan banyak peserta pkh yang membutuhkan dampingan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi,M.Si., Dra. Lisbet Situmorang. M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15 Maret 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email