Penerapan Standar Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Herawaty Kota Samarinda. (Melinda Oktoria)
May 8, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: May 8, 2020 @ 1:08 PM
IP: 125.160.65.3
- 1. Title [Judul]: Penerapan Standar Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Herawaty Kota Samarinda.
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Melinda Oktoria
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak.
- 4. Description [Abstrak] : Melinda Oktoria, Penerapan Standar Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Di Rumah Sakit Herawaty Kota Samarinda, dibawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Bapak Dr. Bambang Irawan, M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan standar pelayanan kesehatan ibu dan anak di Rumah Sakit Herawaty Kota Samarinda, untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung pelayanan kesehatan ibu dan anak di Rumah Sakit Herawaty Kota Samarinda. Hasil penelitian menyatakan bahwa standar pelayanan kesehatan ibu dan anak di Rumah Sakit Herawaty dari aspek prosedur pelayanan selama ini yang sudah dilaksanakan, dengan baik. Waktu penyelesaian pelayanan dari dokter, pelayanannya cepat. Produk pelayanan cukup memuaskan pasien, produk pelayanan RSIA Herawaty pada rawat inap, rawat jalan dan penunjang medis, yang tersedia sudah cukup baik. Sarana dan prasarana administrasi yang dibuat dalam menyelesaikan agak terbatas dalam pelayanan hanya pagi dan malam sampai jam 22.00 Wita. Dalam memberikan pelayanan tidak rumit, yang berbelit-belit. Sehingga pasien merasa nyaman, karena yang bernilai lemah dalam pelaksanaan pelayanan KIA hanya ruangan kelas 3 untuk pasien rawat inap dengan harga terjangkau yang masih kurang. Kompetensi dokter, bidan, perawat dan petugas pemberi pelayanan dalam memberikan pelayanan kepada pasien dengan baik. Faktor pendukung pelayanan, dari tindakan petugas dengan cepat dan sigap, letak RSIA Herawaty yang strategis di tengah Kota Samarinda, jarak ambulan dekat saat menjemput maupun mengantar pasien dengan waktu yang cepat, gedung dalam memberikan pelayanan selalu terawat, kemauan para petugas yang baik, informasi yang diberikan kepada pasien atau masyarakat dapat diterima dengan jelas, dan tersedianya dokter yang baik, berpengalaman, yang ramah, handal dan murah senyum. Faktor penghambat dalam pelayanan dari yang diberikan petugas waktunya sangat lama, penyelesaiannya pelayanan perawat agak lambat, ketersediaan obat generik kurang tersedia di rumah sakit, keberadaan Dokter Umum tidak ada di tempat hanya melalui telepon, RSIA Herawaty masih kekurangan Dokter Gigi dan tenaga administrasi.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Dr. Bambang Irawan, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3101
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal