GAYA KOMUNIKASI PEMIMPIN BADAN KEPEGAWAIAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH KOTA SAMARINDA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEGAWAI (Ihsan Kamil Hasbar, Santi Rande, Johantan Alfando WS)
February 4, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Feb 4, 2020 @ 1:20 PM
IP: 36.82.197.60
- 1. Title [Judul]: GAYA KOMUNIKASI PEMIMPIN BADAN KEPEGAWAIAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH KOTA SAMARINDA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEGAWAI
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ihsan Kamil Hasbar, Santi Rande, Johantan Alfando WS
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Gaya Komunikasi, pemimpin, motivasi
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Gaya Komunikasi Pimpinan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Samarinda dalam meningkatkan motivasi pegawai.
Metode Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah. Pegumpulan data dilakukan dengan melakukan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini ada sebanyak 6 (enam) orang yang terdiri dari Kepala Dinas BKPPD, Kepala Bidang Mutasi dan Kasub Bidang Data dan pegawai atau staf BKPPD. Analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan informasi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pimpinan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah di Samarinda menggunakan empat gaya komunikasi yaitu, The Equalitarian Style, The Structuring Style, The Dynamic Style, dan The Reliquishing Style. Dari berbagai gaya komunikasi ini, The Equalitarian Style merupakan gaya yang paling ideal digunakan dalam sebuah instansi, karena komunikasi terjalin secara dua arah yang dilandasi aspek kesamaan. Ciri khas gaya komunikasi ini adalah adanya arus komunikasi timbal balik. Komunikasi yang dijalin cenderung dilakukan secara terbuka dan dinilai efektif dalam membina empati serta kerjasama karena pengguna komunikasi seperti ini cenderung memiliki rasa kepedulian yang tinggi pada pegawai dan mampu membina hubungan dengan baik. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Santi Rande, M.Si & Johantan Alfando, S.I.Kom., M.I.Kom
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 04 Februari 2020
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4043
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel