Implementasi Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak Dalam Pemenuhan Hak Atas Identitas Anak di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda (Windy Auliya Sari)

November 20, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 20, 2019 @ 8:47 PM
IP: 114.125.212.43

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak Dalam Pemenuhan Hak Atas Identitas Anak di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Windy Auliya Sari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Kartu Identitas anak, kota, Samarinda.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak Dalam Pemenuhan Hak Atas Identitas Anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda dan mengidentifikasikan faktor penghambat Implementasi Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak Dalam Pemenuhan Hak Atas Identitas Anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitia kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisisi data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman (dalam Sugiyono 2013). Hasil penelitian menunjukan bahwa Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 telah diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda, dilihat dari implementasi kartu identitas anak yang terdiri atas sosialisasi, persyaratan dan tata cara pendaftaran dan penerbitan kartu identitas anak. Namun permendagri tersebut belum terimplementasi optimal karena manfaat kartu identitas anak belum dirasakan secara langsung oleh anak-anak di Kota Samarinda dan capaian penerbitan yang belum terlaksana secara keseluruhan seperti waktu penerbitan, SOP yang belum di atur secara pasti didalam standar pelayanan, sarana dan prasarana yang belum memadai seperti alat cetak, blangko, dan tinta, sumberdaya finansial serta kurangnya upaya dari pihak dinas dalam mensosialisasikan tentang penerbitan kartu identitas anak secara luas.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwin Resmawan, M.Si/Dr. Iman Surya, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20 November 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email