Pengelolaan Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Damit Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser (Siti Rahayu)

November 19, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Rahayu, Siti
On: Nov 19, 2019 @ 8:57 PM
IP: 182.1.207.161

  • 1. Title [Judul]: Pengelolaan Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Damit Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Siti Rahayu
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengelolaan, dana, desa, pemberdayaan, masyarakat
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengelolaan Dana Desa dalam pemberdayaan masyarakat desa di Desa Damit Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser, yaitu dalam perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawabannya sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pengelolaan Dana Desa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui metode purposive sampling. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri key informan, yaitu Kepala Desa, Sekretaris, dan Kaur Pembangunan sedangkan yang menjadi informan yaitu ketua RT dan masyarakat desa. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, serta melalui buku-buku atau dokumentasi.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa Desa Damit Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser telah melaksanakan pengelolaan Dana Desa meskipun belum maksimal dalam perencanaan Dana Desa. Perencanaan Dana Desa masih terhambat oleh sumber daya manusia yang rendah, diketahui dari hasil musrenbangdes yang monoton tiap tahunnya. Pelaksanaan Dana Desa dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban pemerintah desa dalam pengelolaan Dana Desa dilaksanakan sesuai dengan aturan atau regulasi dari pemerintah yang berlaku. Adapun faktor penghambat yaitu kondisi alam, peraturan/regulasi dari pemerintah dan ketentuan wajib pajak terkait pengelolaan Dana Desa, sedangkan faktor pendukung meliputi partisipasi masyarakat dan semangat gotong royong yang tinggi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Burhanudin, M.Si, Budiman, S.IP., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email