Dampak Kebijakan Penonaktifan Generalized Of Preference (GSP) Amerika Serikat Terhadap Ekspor Perikanan Indonesia Tahun 2013 (Wulan Nurardhiyanti)

July 31, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Nurardhiyanti, Wulan
On: Jul 31, 2019 @ 7:50 PM
IP: 180.248.121.157

  • 1. Title [Judul]: Dampak Kebijakan Penonaktifan Generalized Of Preference (GSP) Amerika Serikat Terhadap Ekspor Perikanan Indonesia Tahun 2013
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Wulan Nurardhiyanti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Penonaktifan Generalized System Of Preference, Ekspor perikanan Indonesia, Ameri
  • 4. Description [Abstrak] : Wulan Nurardhiyanti, 11.0204.5161, Dampak Kebijakan Penonaktifan Generalized System of Preference (GSP) Amerika Serikat Terhadap Ekspor Perikanan Indonesia Tahun 2013 dibawah bimbingan Tendy, S.Sos, M.Si dan Dadang Ilham K. Mujiono, S.Sos, MA Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan dampak kebijakan penonaktifan Generalized System of Preference (GSP) Amerika Serikat terhadap ekspor perikanan Indonesia tahun 2013 sampai tahun 2015. Data yang disajikan dalam penelitian ini adalah data skunder, data-data tersebut diperoleh melalui telaah dari beberapa mahasiswa HI, buku-buku, jurnal mahasiswa HI, internet, serta sumber-sumber yang berhubungan dengan pokok permasalahan. Adapun teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dimana permasalahan digambarkan berdasarkan fakta-fakta yang ada kemudian mengkolerasikan satu sama lain untuk kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Teori yang digunakan adalah konsep GSP dan perdagangan Internasional.
    Berdasarkan hasil yang diperoleh, menunjukan bahwa dampak dari penonaktifan GSP AS terhadap ekspor perikanan Indonesia adalah ekspor perikanan Indonesia yang sebelumnya masuk dalam kebijakan GSP AS seperti komoditi udang, tuna/ cakalang/ tongkol, dan kepiting tidak mengalami penurunan secara jumlah atau kuantitas akibat masih tingginya permintaan produk perikanan dalam negeri AS. Tetapi terjadi penurunan pada sektor nilai pendapatan akibat tingginya harga jual karena tarif bea masuk sebesar 15%, sehingga pendapatan nilai sektor perikanan mengalami penurunan sebesar 21% atau U$ 0,39 miliar dibandingkan tahun 2014.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Tendy, S.Sos, M.Si & Dadang Ilham K. Mujiono, S.Sos, MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email