Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program e-Samsat di Kantor Samsat Kota Samarinda (Nikken Retnoayu Setyawan)

December 20, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 20, 2018 @ 3:51 PM
IP: 182.1.187.145

  • 1. Title [Judul]: Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program e-Samsat di Kantor Samsat Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nikken Retnoayu Setyawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: inovasi, pelayanan publik, e-Samsat
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Inovasi Pelayanan Publik melalui Program e-Samsat di Kantor Samsat Kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat inovasi pelayanan publik melalui program e-Samsat di Kantor Samsat Kota Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini didasarkan pada teori atribut inovasi menurut Rogers dalam Suwarno (2008:16-18) yang terdiri dari relative advantage, compatibility, complexity, triability, dan observability serta mendeskripsikan hambatan dan faktor pendukung yang terjadi dalam pelaksanaan layanan E-Samsat. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan Publik Melalui E-Samsat di Kantor Samsat Kota Samarinda dapat di`katakan sudah berjalan walaupun belum memberikan hasil yang memuaskan karena sebagian masyarakat masih belum mengetahui tentang e-Samsat, berdasarkan keuntungan relatif e-Samsat dibanding inovasi sebelumnya dapat dilihat dari segi waktu yang fleksibel dan dapat dilakukan di ATM mana saja, untuk kesesuaiannya e-Samsat sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku, untuk kerumitannya e-Samsat menawarkan sesuatu yang baru yang lebih cepat sehingga kerumitan ini pada umumnya tidak terlalu dipermasalahkan, e-Samsat tidak melalui uji coba, e-Samsat dikenalkan melalui sosialisas dan e-Samsat ini dapat diamati dari segi keuntungan organisasi. Sedangkan untuk hambatan yang terjadi dalam e-Samsat terdapat dua faktor, pertama internal yaitu gangguan layanan operator dan eksternal yaitu keterbatasan pemahaman masyarakat terhadap teknologi. Untuk faktor pendukung e-Samsat merupakan program nasional berdasarkan Peppres No. 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1. Dr. Rita Kalalinggi, M.Si, 2. Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email