PENGARUH GAYA KOMUNIKASI TERHADAP MOTIVASI KERJA TENAGA PENGAJAR (Studi Pada Lembaga Kursus Smart And Fun Samarinda) (Jeni Aidina Aprilia)

December 19, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Aprilia, Jeni Aidina
On: Dec 19, 2018 @ 10:38 PM
IP: 202.67.39.20

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH GAYA KOMUNIKASI TERHADAP MOTIVASI KERJA TENAGA PENGAJAR (Studi Pada Lembaga Kursus Smart And Fun Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Jeni Aidina Aprilia
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Gaya Komunikasi, Motivasi Kerja
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis apakah ada pengaruh gaya komunikasi terhadap motivasi kerja tenaga pengajar, serta untuk mengetahui sejauh mana pengaruh gaya komunikasi terhadap motivasi kerja tenaga pengajar di lembaga kursus Smart and Fun Samarinda.
    Komunikasi merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan dalam organisasi guna membangun struktur yang baik dan terarah serta hubungan yang harmonis antar atasan maupun bawahan. Untuk melakukan komunikasi dalam organisasi ini tentunya seorang atasan memiliki gaya komunikasi yang dapat menjadi penghubung dalam melakukan berbagai aktivitas dan dapat menjadi alat untuk memotivasi bawahannya sehingga akan berakibat pada peningkatan motivasi dalam bekerja.
    Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data menggunakan SPSS 22.0 dan memperoleh data primer dari penyebaran kuesioner kepada 35 responden tenaga pengajar, lokasi penelitian di seluruh cabang Lembaga Kursus Smart and Fun Samarinda. Penelitian ini memiliki variabel gaya komunikasi (X) dan variabel motivasi kerja (Y). Dimana dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik, kemudian untuk menguji hipotesis menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana, Uji T, Uji F, Uji Koefisien Korelasi dan Uji Determinasi.
    Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil variabel gaya komunikasi (X) memiliki pengaruh terhadap variabel motivasi kerja (Y), dan sebesar 29,2% gaya komunikasi mempengaruhi motivasi kerja tenaga pengajar.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si dan Sarwo Eddy Wibowo, S.I.Kom, M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email