STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN DESTINASI WISATA TAHURA LATI (TAMAN HUTAN RAYA) PETANGIS DI KECAMATAN BATU ENGAU KABUPATEN PASER (Studi Kasus Pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Paser) (Lingga Dwi Ariyani)

November 21, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 21, 2018 @ 3:50 PM
IP: 36.75.44.182

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN DESTINASI WISATA TAHURA LATI (TAMAN HUTAN RAYA) PETANGIS DI KECAMATAN BATU ENGAU KABUPATEN PASER (Studi Kasus Pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Paser)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Lingga Dwi Ariyani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, Pengembangan, Pariwisata
  • 4. Description [Abstrak] : Hasil dari penelitian menunjukan bahwa strategi pengembangan yang dilakukan oleh Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata dalam mengembangkan objek wisata yang ada Tahura Lati Petangis sampai saat ini masih umum, tidak ada yang khusus untuk pengembangan objek wisata Tahura Lati Petangis sama saja dengan objek wisata lainnya yang ada di Kabupaten Paser, diantaranya strategi yang dilakukan adalah dengan perbaikan infrastruktur jalan, meningkatkan promosi, meningkatkan kerjasama dengan para pemangku kepentingan kepariwisataan, penambahan wahana permainan dan pengawasan. Adapun daya tarik dari Tahura Lati antara lain Tahura Lati merupakan lahan eks tambang yang dapat dikembangkan dan menjadi studi banding daerah-daerah tambang yang ada di Indonesia. Membahas mengenai sarana dan prasarana yang tersedia di Tahura Lati hanya tersedia fasilitas umum seperti toilet, tempat beristirahat, dan mushola. Selanjutnya adapun faktor yang menjadi penghambat yakni kurangnya partisipasi masyarakat dalam membantu pengelolaan, kurangnya kerjasama para pemangku kepentingan serta keterbatasan anggaran selain itu adapun faktor yang mendukung Tahura Lati layak untuk dikembangkan yakni potensi yang dimiliki Tahura Lati serta objek wisata tersebut sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu sebaiknya Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Paser memaksimalkan koordinasi dengan stakeholder baik dalam penyusunan strategi maupun dalam pelaksanaan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Fareis Althalets., S.Par., M.MPar dan Muhammad Fikry., M.BA., BBA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email