Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Metode EVA (Economic Value Added) dan MVA (Market Value Added) Pada Perusahaan Tambang Batubara Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (Lelly Yuni Syahlina)

June 3, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Syahlina, Lelly Yuni
On: Jun 3, 2013 @ 8:40 PM
IP: 180.248.67.189

  • 1. Title [Judul]: Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Metode EVA (Economic Value Added) dan MVA (Market Value Added) Pada Perusahaan Tambang Batubara Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Lelly Yuni Syahlina
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: EVA, MVA, Pertambangan
  • 4. Description [Abstrak] : Kinerja keuangan merupakan hasil atau prestasi yang dicapai perusahaan dalam periode tertentu yang menggambarkan tingkat kesehatan perusahaan guna membantu investor atau calon investor dalam mengambil keputusan. Dalam penelitian ini penilaian kinerja keuangan perusahaan dilakukan dengan menggunakan metode EVA dan MVA dimana metode ini dianggap lebih baik dibandingkan dengan analisis rasio. Hal ini dikarenakan metode EVA dan MVA mampu menggambarkan tingkat pengembalian kekayaan yang optimal bagi perusahaan maupun bagi para investor.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan tambang batubara yang listing di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan metode EVA dan MVA, guna mengetahui besarnya penciptaan nilai tambah ekonomis dan penciptaan kekayaan yang telah dihasilkan oleh perusahaan bagi para pemegang saham.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai EVA dan MVA masing-masing perusahaan (PT. Adaro Energi, Tbk, PT. Bumi Resources, Tbk, PT. Indo Tambangraya Megah, Tbk, dan PT. Tambang Batubara Bukit Asam (Persero), Tbk) mengalami fluktuasi dan bernilai positif selama tahun 2009 – 2011. EVA dan MVA yang positif menunjukkan bahwa masing-masing perusahaan mampu menghasilkan nilai tambah ekonomis dan menciptakan kekayaan bagi para pemegang saham. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa antara EVA dan MVA memiliki hubungan yang tidak langsung, artinya peningkatan atau penurunan nilai EVA belum tentu mengakibatkan peningkatan atau penurunan terhadap nilai MVA dan atau sebaliknya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Ir. Noercahyono, MM dan Rr. Marlianan W, SE., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading