PROSES PUBLIC RELATIONS PT. KALTIM PRIMA COAL (KPC) DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PETERNAKAN SAPI TERPADU (PESAT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (FATHILILLAH WAHYU SUDIRO)
February 2, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: SUDIRO, FATHILILLAH
On: Feb 2, 2018 @ 12:37 PM
IP: 114.125.218.94
- 1. Title [Judul]: PROSES PUBLIC RELATIONS PT. KALTIM PRIMA COAL (KPC) DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PETERNAKAN SAPI TERPADU (PESAT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: FATHILILLAH WAHYU SUDIRO
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Proses Public Relations, Program PESAT, Citra Positif
- 4. Description [Abstrak] : Fathilillah Wahyu Sudiro, 1302055054, Proses Public Relations PT. Kaltim Prima Coal (KPC) Dalam Implementasi Program Peternakan Sapi Terpadu (PESAT) Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Positif Perusahaan. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Erwin Resmawan., M. Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Drs. Ghufron, M. Si selaku dosen pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis proses public relations PT. Kaltim Prima Coal (KPC) dalam implementasi program Peternakan Sapi Terpadu (PESAT) sebagai upaya meningkatkan citra positif perusahaan. Model penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan fokus penelitian antara lain penemuan fakta, perencanaan, komunikasi, evaluasi. Serta sumber data primer pada penelitian ini ialah pihak PT. KPC, kelompok tani, dan masyarakat.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa pada tahap penemuan fakta (fact-finding) divisi PR melakukan analisis situasi yaitu program pemerintah daerah dan pusat serta UU, dan Peraturan Bupati yang melandasi berdirinya PESAT. Tahap selanjutnya yaitu perencanaan (planning) divisi PR berkolaborasi dengan akademisi (IPB, STIPER, UNMUL), komunitas, kelompok tani, YSB dan masyarakat. Pada tahap komunikasi (communication) divisi PR menjalin hubungan baik dengan wartawan dengan berbagai kegiatan bersama. Kegiatan publikasi PESAT melalui penyuluhan, media massa, pameran, buletin dan website. Tahap evaluasi (evaluation) divisi PR melakukan evaluasi sekali dalam sebulan, pada kasus tertentu evaluasi menjadi sekali dalam seminggu. Evaluasi pada bidang publikasi dilakukan dengan mengadakan kegiatan di PESAT. Berdasarkan proses PR dalam implementasi program PESAT sudah dapat meningkatkan citra positif PT. Kaltim Prima Coal.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwin Resmawan, M.Si dan Drs. Ghufron, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3307
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3307