Pengaruh Komunitas Virtual Terhadap Minat Beli Online Pada Grup Facebook Bubuhan Samarinda (Dede Widian Prayugo)

January 29, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Prayugo, Dede Widian
On: Jan 29, 2018 @ 1:30 AM
IP: 36.84.231.195

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Komunitas Virtual Terhadap Minat Beli Online Pada Grup Facebook Bubuhan Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dede Widian Prayugo
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunitas Virtual, Minat Beli Online, Grup Facebook
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunitas virtual terhadap minat beli online pada grup Facebook Bubuhan Samarinda. Variabel X pada penelitian ini adalah komunitas virtual yang dijelaskan dalam Jumadi (2008) dengan indikator motif, kardinalitas, isi dan otonomi. Variabel Y pada penelitian ini adalah minat beli online menurut Lucas dan Britt (2003) dalam Natalia (2008) dengan indikator perhatian, ketertarikan, keinginan dan keyakinan.
    Metode penelitian yang dilakukan adalah kuntitatif dengan jenis penelitian eksplanatif, yaitu menghubungkan sebab akibat dari dua variabel dengan hipotesis; H0 komunitas virtual tidak berpengaruh terhadap minat beli online pada grup Facebook Bubuhan Samarinda, sedangkan H1 penelitian ini komunitas virtual berpengaruh terhadap minat beli online pada grup Facebook Bubuhan Samarinda.
    Hasil penelitian yang didapatkan dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana adalah komunitas virtual berpengaruh terhadap minat beli online pada grup Facebook Bubuhan Samarinda dengan nilai R sebesar 0,617, dan diperoleh signifikasi 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak, H1 diterima.
    Kesimpulan dari penelitian ini adalah indikator dalam komunitas virtual yang paling kuat pengaruhnya adalah motif, dengan persentase kumulatif sebesar 80,7%. Bahwa motif menjadi alasan seseorang untuk bergabung di grup Bubuhan Samarinda. Minat beli online anggota grup berada pada aspek perhatian, ketertarikan dan keinginansuatu produk yang dijual oleh sesama anggota pada grup Facebook Bubuhan Samarinda. Ketiga aspek tersebut memiliki persentase tertinggi pada variabel minat beli online sebesar 84,7%, 80,3% dan 70,6. Meskipun keyakinan untuk bertransaksi di grup Facebook Bubuhan Samarinda presentasenya terpaut jauh yaitu sebesar 59%.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muhammad Noor, M.Si, Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading