PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM MENJALANKAN PENGAWASAN TERHADAP PEMERINTAHAN DESA SEBULU MODERN KECAMATAN SEBULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Pendi)

July 26, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 26, 2017 @ 1:18 PM
IP: 36.82.227.225

  • 1. Title [Judul]: PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM MENJALANKAN PENGAWASAN TERHADAP PEMERINTAHAN DESA SEBULU MODERN KECAMATAN SEBULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Pendi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Pengawasan, Pemerintahan Desa
  • 4. Description [Abstrak] : “Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Menjalankan Fungsi Pengawasan dalam Pemerintahan Desa Sebulu Modern Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara, di bawah bimbingan Dr. Anthonius Margonon, M.Si selaku pembimbing I dan Drs. H. Burhanudin, M.Si selaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam menjalankan fungsi pengawasan dalam Pemerintahan Desa serta kendala-kendala yang menjadi penghambat BPD dalam menjalankan fungsi pengawasan di dalam Pemerintahan Desa. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan sumber data primer dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini diketahui bahwa peran BPD dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap Pemerintahan Desa dalam segi pengawasan terhadap pelaksanaan Keputusan Kepala Desa, pelaksanaan Peraturan Desa dan pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD) belum optimal, serta kendala-kendala yang menjadi penghambat peran BPD dalam menjalankan fungsi pengawasan diantaranya berupa sumber daya manusia yang kurang kompeten,tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah akan partisipasi terhadap pembangunan desa serta keuangan yang selalu mengalami keterlambatan dalam pencairan yang mengakibatkan semua proses kegiatan yang berkenaan dengan pengawasan mengalami hambatan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anthonius Margono M.si DAN Drs. H. Burhanudin, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email