Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. FIFGROUP Cabang Samarinda (Fata Mufti Mustaqim)
March 2, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Mufti Mustaqim, Fata
On: Mar 2, 2017 @ 11:14 AM
IP: 36.80.58.151
- 1. Title [Judul]: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. FIFGROUP Cabang Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fata Mufti Mustaqim
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara Kualitas Pelayanan yaitu sebagai variabel bebas (X) yaitu realibilitas, responsivitas, jaminan, empati, dan bukti fisik dengan kepuasan konsumen sebagai variabel terikat (Y). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan kuisioner, alat analisis menggunakan uji validitas, reabilitas, dan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil analisis dengan menggunakan persamaan regresi linear berganda menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,532 + 0,153 X1 + 0,173 X2 + 0,147 X3 + 0,222 X4 + 0,178 X5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Keandalan/ Reability (X1), Daya Tanggap/ Responsiveness (X2), Jaminan/ Asurance (X3), Empati/ Emphaty (X4), Bukti Fisik/ Tangible (X5) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian secara parsial diketahui bahwa Empati (Emphaty) (X4) sebesar 0,222 merupakan faktor yang paling berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (thitung = 4,675 > ttabel = 1,985) dengan nilai Sig. = 0,000 < a = 0,05, maka kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Nilai R yang diperoleh sebesar 0,897 atau 89,7% dan nilai R Square sebesar 0,805 atau 80,5%. Sebaikanya counter sales yang mampu memberikan kenyaman saat dan setelah proses kredit kendaraan bermotor, dengan salam, sapa, senyum. Dengan kata lain hubungan antar pribadi antara front liner dengan konsumen berlangsung baik, agar nantinya tercipta image perusahan yang lebih baik.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si dan Drs. Endang Erawan, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2/3/2017
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1553
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article