Pengaruh Total Quality Management (TQM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Matahari Department Store di Plaza Mulia Samarinda (Ria Amalia Sukardi)
August 22, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Sukardi, Ria Amalia
On: Aug 22, 2016 @ 10:17 AM
IP: 36.80.58.151
- 1. Title [Judul]: Pengaruh Total Quality Management (TQM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Matahari Department Store di Plaza Mulia Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ria Amalia Sukardi
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Total Quality Management, Kepuasan Pelanggan
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengaruh antara Total Quality Management yang diukur menggunakan 4 indikator yaitu: Fokus pada pelanggan, Obsesi terhadap kualitas, Kerjasama tim (Teamwork) dan Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. Variabel Kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat, diukur menggunakan 6 indikator yaitu: Kepuasan pelanggan keseluruhan, Dimensi kepuasan pelanggan, Konfirmasi harapan, Minat pembelian ulang, Kesediaan untuk merekomendasi dan ketidakpuasan pelanggan. Hasil pengujian hipotesis secara keseluruhan uji simultan membuktikan hipotesis berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dan hasil pengujian hipotesis uji parsial diketahui bahwa faktor obsesi terhadap kualitas (X2) merupakan faktor yang paling berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu nilai koefisien korelasi menunjukkan bahwa tingkat hubungan Total Quality Management terhadap kepuasan pelanggan berada pada tingkat hubungan yang sangat kuat. Dan pada pengujian koefisien determinasi diketahui bahwa pengaruh Total Quality Management terhadap kepuasan pelanggan memiliki pengaruh besar yang berarti tingkat variabel diluar penelitian ini lebih rendah pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan. Sebaiknya dapat meningkatkan dan mempertahankan kualitas layanan dengan memberikan arahan dan di brifing para karyawan agar tidak ada yang tidak merespon pelanggan yang datang. Dan hendaknya koordinator area dapat menciptakan sinergi antara karyawan satu dengan yang lain saling membantu di dalam pekerjaan melayani pelanggan.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. A. Margono, M.Si dan Dr. M. Zaini, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22/08/2016
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1395
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal Article