STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DALAM MEMBERIKAN KEPUASAN MASYARAKAT PADA PUSKESMAS DESA GENTING TANAH KECAMATAN KEMBANG JANGGUT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (MUHAMMAD NURFAUZI)
March 8, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: nurfauzi, muhammad
On: Mar 8, 2013 @ 10:12 AM
IP: 125.160.72.225
- 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DALAM MEMBERIKAN KEPUASAN MASYARAKAT PADA PUSKESMAS DESA GENTING TANAH KECAMATAN KEMBANG JANGGUT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
- 2. Creator [Pengarang/penulis]: MUHAMMAD NURFAUZI
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana kualitas pelayanan pesehatan dalam memberikan kepuasan pada masyarakat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala dilapangan menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan pada Puskesmas Genting Tanah. Narasumber terdiri dari pihak pimpinan, pegawai puskesmas dan pihak masyarakat serta data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari telaah pustaka, baik melalui buku-buku, jurnal dan dokumen-dokumen yang ada pada pusksesmas. Adapun teknis analisis model interaktif yang merupakan rangkaian proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan dalam memberikan kepuasan masyarakat pada Pusksesmas Desa Genting Tanah belum sepenuhnya mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dan memberikan kepuasan masyarakat. Hal ini dilihat dari tenaga kesehatan yang masih kurang dan pegawai yang mempunyai tugas rangkap, fasilitas kesehatan dan jenis obat-obatan kurang lengkap sehingga terkesan lambat sehingga masyarakat merasa kurang puas.
Kesimpulan bahwa pelayanan kesehatan masyarakat pada Puskesmas Desa Genting Tanah sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur pelayanan yang ada, tenaga kesehatan juga bekerja dengan baik, cepat, tanggap dan mampu mendiagonsa penyakit serta menyampaikannya dengan jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat/pasien. mengenai faktor pendukung pelayanan kesehatan yaitu adanya gedung puskesmas, biaya pengobatan gratis, sedangkan faktor penghambat yakni kurangnya pegawai, fasilitas kesehatan dan obat-obatan serta sarana transportasi mobil ambulance belum ada, gedung Puskesmas yang belum memadai dikarenakan belum adanya renovasi bangunan. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anthonius Margono, M.Si & Enos Paselle, S.Sos., M.AP
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 7 MARET 2013
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=660
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal