Implementasi Balanced Scorecard dalam Pengukuran Kinerja RSIA Aisyiyah Samarinda (Kasmawati)

June 21, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: kasmawati, kasmawati
On: Jun 21, 2016 @ 12:56 PM
IP: 110.139.150.204

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Balanced Scorecard dalam Pengukuran Kinerja RSIA Aisyiyah Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Kasmawati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: pengukuran kinerja, balanced scorecard.
  • 4. Description [Abstrak] : Implementasi Balanced Scorecard dalam Pengukuran Kinerja RSIA Aisyiyah Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Mansyur SE, M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Ir. Noercahyono, MM sebagai Pembimbing II.
    Penelitian dilakukan di RSIA Aisyiyah Samarinda pada awal Januari hingga Maret 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa kinerja RSIA Aisyiyah Samarinda berdasarkan konsep Balanced Scorecard.
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa empat variabel Balanced Scorecard bisa diterapkan pada RSIA Aisyiyah Samarinda. Terbukti pada perspektif keuangan RSIA Aisyiyah, untuk rasio likuiditas sebesar 12,55, rasio aktivitas sebesar 0,93, rasio rentabilitas sebesar 0,044, cost recovery rate sebesar 1,2.
    Demikian pula pada perspektif pelanggan, hasil pengukuran menunjukan pada nilai rata-rata 3,81, perspektif proses bisnis internal berada pada nilai rata-rata 3,94, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berada pada nilai rata-rata 3,58.
    Jadi, berdasarkan semua indikator perspektif itu kinerja RSIA Aisyiyah Samarinda masih cukup baik. Perspektif keuangan, misalnya, berdasarkan pengukuran untuk laporan tahun 2015 itu, kinerja RSIA Aisyiyah Samarinda masih cukup baik walaupun sempat terjadi penurunan jika dibanding pada 2014.
    Kendati semua hasil pengukuran sudah cukup baik, dari hasil penelitian ini juga bisa disarankan: 1) agar papan penunjuk diperbaiki, membuat kantin untuk pelanggan agar tidak perlu lagi mencari makanan keluar rumah sakit dan penambahan ATM bagi bank yang belum ada. 2) agar gedung RSIA Aisyiyah Samarinda ditingkatkan guna bisa menampung pasien dan pelanggan lama datang kembali berkunjung lebih banyak dan lebih nyaman saat melakukan rawat jalan maupun rawat inap. 3) ketersediaan peralatan aotomatic (laboratorium), incubator, O2 khusus bayi. 4) meningkatkan SDM agar lebih berkualitas lagi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Bapak Mansyur SE, M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Ir. Noercahyono, MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 21-06-2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email