Penerimaan Diri pada Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di Samarinda (Novira Faradina)

March 17, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 17, 2016 @ 3:28 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Penerimaan Diri pada Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Novira Faradina
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Penerimaan Diri dan Anak Berkebutuhan Khusus
  • 4. Description [Abstrak] : Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berebeda dengan anak pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya penerimaan diri pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, bagaimana seorang ibu memiliki penerimaan diri yang positif ketika memiliki anak berkebutuhan khusus.
    Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan teori Moloeng dimana penelitian tersebut bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek. Peneltian ini menggunakan teknik snowball sampling yaitu dengan mencari informasi kuncil, yang dimaksud dengan informan kunci (key informan) adalah mereka yang mengetahui dan memiliki berbagai informasi pokok yang diperlukan dalam penelitian atau dilakukan secara berantai dengan meminta informasi pada orang yang telah diwawancarai atau dihubungi sebelumnya. Melalui teknik snowball subjek atau sampel dipilih berdasarkan rekomendasi orang ke orang yang sesuai dengan penelitian dan kuat untuk diwawancara.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ketiga subjek memiliki penerimaan diir yang berbeda dalam menerima dan menghadapi anak dengan berkebutuhan khusus. Pada subjek AS, memiliki penerimaan diri yang positif karena subjek pasrah dengan keadaan anaknya namun berusaha untuk memahami kondisi anaknya dan tidak malu dengan yang kekurangan yang dimiliki oleh anaknya. Subjek kedua SL memiliki penerimaan diri yang positif karena subjek dapat berusaha untuk ikhlas dan memahami keadaan anaknya serta selalu mendukung segala kegiatan anak termasuk dalam hal sekolah. subjejk ketiga RS memiliki penerimaan diri yang negatif karena subjek merasa kondisi anaknya tidaklah sesuai dengan harapannya dan subjek selalu merasa malu dan takut ketika orang lain mengetahui kondisi anak subjek yang memiliki gangguan perkembangan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Psikologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Diah Rahayu, S.Psi., M.Psi
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email