DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI AKTIFITAS PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. GAWI MAKMUR KALIMANTAN DI DESA RINTIK KECAMATAN BABULU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA (Muad Roanuddin)

March 17, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Roanuddin, Muad
On: Mar 17, 2016 @ 12:24 AM
IP: 114.4.78.124

  • 1. Title [Judul]: DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI AKTIFITAS PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. GAWI MAKMUR KALIMANTAN DI DESA RINTIK KECAMATAN BABULU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muad Roanuddin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Dampak Sosial dan Ekonomi, Perusahaan Perkebunan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Sosial dan Ekonomi aktifitas Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Gawi Makmur Kalimantan di Desa Rintik Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara.
    Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan atau menjabarkan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada dilapangan. Dengan menggunakan key informan dan informan sebagai sumber data, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan skunder melalui wawancara, buku-buku, dan internet, kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif model interaktif dari Miles Huberman dan Saldana (2014:33).
    Hasil dari penelitian ini bahwa Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Gawi Makmur Kalimantan memberikan dampak sosial dan ekonomi kepada masyarakat Desa Rintik. Dampak Sosial tersebut terdiri dari : Perusahaan Perkebunan PT. Gawi Makmur Kalimantan di Desa Rintik menimbulkan dampak Sosial seperti konflik. Adapun konflik yang terjadi berupa masalah tumpang tindih lahan yaitu perebutan hak lahan antara masyarakat asli dengan pihak perusahaan perkebunan. Dan faktor pendidikan yaitu mayoritas masyarakatnya berpendidikan rendah, Keberadaan Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Gawi Makmur Kalimantan membawa perubahan kondisi sarana dan prasarana yang ada di Desa Rintik menjadi baik. Hal tersebut terlihat dari semenisasi jalan, perbaikan-perbaikan jembatan, fasilitas Olahraga.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwin Resmawan, M.Si, Drs. Daud Kondorura, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email