STUDI TENTANG PELAYANAN KONSUMEN PRABAYAR VOUCHER LISTRIK DI KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG (DESTA MUSRIANA)

February 13, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 13, 2015 @ 1:04 PM
IP: 180.248.70.84

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PELAYANAN KONSUMEN PRABAYAR VOUCHER LISTRIK DI KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: DESTA MUSRIANA
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Konsumen, Prabayar Voucher, Listrik PLN, Samarinda Seberang
  • 4. Description [Abstrak] : Studi Tentang Pelayanan Konsumen Prabayar Voucher Listrik Di Samarinda Seberang. Dibawah bimbingan Ibu Dr.Rita Kala Linggi M.Si selaku pembimbing l dan Ibu Melati Dama, S.sos, M.si selaku pembimbing II.
    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pelayanan Konsumen Prabayar Voucher Listrik di Samarinda Seberang, Dan untuk mengetahui Kendala-kendala yang dihadapi dalam Pelayanan Konsumen Prabayar Voucher Listrik di Samarinda Seberang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Library rsearch dan field work research yaitu observasi, wawancara langsung dengan responden dan responden dan laporan hasil evaluasi, arsip-arsip dan dokumen yang ada pada PT PLN. Sumber data yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian-kejadian, tanpa melakukan pengujian hipotesis. Analisis data model interaktif, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyederhanaan data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian diperoleh gambaran umum bahwa pelayanan konsumen voucher listrik di kecamatan Samarinda Seberang dapat dikatakan belum berjalan secara optimal dalam pelayanan penyediaan penjualan voucher. Hal ini disebabkan karena tidak semua Bank yang bekerjasama dengan PLN untuk menjual voucher listrik atau Stroom isi ulang, dan terbatasnya waktu buka penjual pulsa listrik di loket-loket yang menyediakan, hal ini menyebabkan para konsumen merasa susah jika kehabisan pulsa atau alat Kwh meter sudah menunjukan 0 (nol) kilo meter pada tengah malam hari, Sedangkan tidak semua mempunyai Bank yang disediakan atau yang bekerjasama oleh PLN. Saran yang diajukan yakni agar pemerintah sebaiknya memberikan informasi, sosialisasi kepada konsumen serta simulasi yang lebih lengkap melalui media massa maupun media cetak, mengenai penggunaan listrik prabayar ini, terutama mengenai akan habisnnya pulsa tersebut.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Rita Kala Linggi, M.Si & Melati Dama, S.sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 13 Februari 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading