Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Kredit Sepeda Motor Pada PT. FIF Group Di Samarinda (Liang Ba)

August 27, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Ba, Liang
On: Aug 27, 2014 @ 3:28 PM
IP: 110.139.150.204

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Kredit Sepeda Motor Pada PT. FIF Group Di Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Liang Ba
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Marketing Mix dan Keputusan Melakukan Kredit
  • 4. Description [Abstrak] : Lembaga pembiayaan adalah salah satu bentuk usaha dibidang lembaga keuangan nonbank yang mempunyai peranan penting dalam pembiayaan dan pengolahan salah satu sumber dana pembangunan di Indonesia. Lembaga pembiayaan di Indonesia terdiri dari sewa guna usaha (leasing, ajak piutang (factoring), pembiayaan konsumen (consumer finance), dan kartu kredit.
    Perumusan dalam penelitian ini adalah apakah variabel marketing secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk melakukan kredit sepeda motor pada PT. Federal International Finance Group di Samarinda serta variabel marketing mix mana yang mempunyai pengaruh dominan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel marketing mix terhadap keputusan konsumen melakukan kredit pada PT. FIF Group di Samarinda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu variabel produk (X1), harga (X2),promosi (X3),tempat (X4),orang (X5), proses (X6) dan bukti fisik (X7) serta variabel dependen adalah Keputusan melakukan kredit.
    Hasil analisis dengan menggunakan persamaan regresi linear berganda menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = -2,222+ 0,183 X1 + 0,766 X2 + 0,290 X3 – 0,105 X4 + 0 ,196 X5 – 0,059 X6 -0,067 X7. Uji simultan (uji f) dengan tingkat kepercayaan 95% keputusan konsumen melakuka kredit Pada PT. FIF Groupdi Samarinda membuktikan bahwa secara serentak variabel (X1), (X2), (X3), (X4), (X5) (X6) dan (X7) serta secara simultan berpengaruh signifikan terhadap (Y) sedangkan pada uji parsial (t) variabel produk, harga, promosi, proses, dan orang berpengaruh signifikan sedangkan variabel fisik dan tempat tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan melakukan kredit. Adapun variabel yang paling berpengaruh adalah variabel harga (X2). Nilai R (Koefisien Korelasi) yang diperoleh sebesar 43,7% dan nilai R Square (Koefisien Determinasi) sebesar 43,7%
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anthonius Margono, M.Si dan Rr. Marliana W, SE., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email