Analisis Isi Retorika Gerakan Desak Anies dalam Upaya Pembentukan Citra Kampanye Anies Baswedan di Pemilu 2024 (Bintang Dhafin Alhafizh)
November 13, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Alhafizh,
On: Nov 13, 2024 @ 3:39 PM
IP: 36.85.6.169
- 1. Title [Judul]: Analisis Isi Retorika Gerakan Desak Anies dalam Upaya Pembentukan Citra Kampanye Anies Baswedan di Pemilu 2024
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Bintang Dhafin Alhafizh
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kampanye, Retorika, Analisis Isi, Komunikasi Politik
- 4. Description [Abstrak] : Secara sederhana, kampanye politik dapat diartikan sebagai sebuah upaya yang dilakukan oleh individu maupun organisasi untuk dapat menyakinkan atau mendapatkan atensi dari para pemilih. Pada Pemilihan Umum tahun 2024, semarak kampanye pun mulai menarik perhatian dari khalayak umum. Selain masifnya produksi konten di dunia maya, terdapat juga metode kampanye yang cukup menjadi perbincangan di tengah masyarakat. Diprakarsai oleh komunitas Ubah Bareng, kegiatan “Desak Anies” menjadi salah satu kegiatan kampanye yang diusung oleh Calon Presiden Nomor urut 01, yakni Anies Baswedan. Dalam kegiatan “Desak Anies”, para komunikan dapat menyampaikan aspirasi dan juga bertanya tentang pemikiran dan gagasan terkait kondisi bangsa, serta visi-misi Anies Baswedan sebagai Calon Presiden. Hadirnya komunikasi interaktif pada kegiatan kampanye ini membuat peneliti tertarik dengan bagaimana implementasi retorika di dalamnya. Penelitian ini berfokus pada penerapan unsur dasar retorika, yakni ethos, logos dan pathos dalam upaya pembentukan citra kampanye Anies Baswedan. Melalui pendekatan kuantitatif deskriptif dan diteliti dengan menggunakan metode analisis isi, penelitian memiliki fokus untuk mengetahui seberapa banyak kalimat ethos, logos, dan pathos dalam video “Desak Anies” yang ditampilkan di kanal youtube “Anies Baswedan” Penelitian ini mencakup 15 video yang terdiri dari 87 scene/dialog yang hadir pada segmen “Tanyain, Anies!”. Adapun hasil yang didapatkan ialah penggunaan unsur logos, yakni penyajian informasi yang akurat, penggunaan bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan dan sebagainya, menjadi kalimat yang paling sering digunakan oleh Anies Baswedan. Kemudian disusul oleh penggunaan unsur pathos yang terkait dengan upaya persuasi melalui emosi dan karakter para komunikan dan unsur ethos yang membahas kalimat tentang kredibilitas dari pembicara.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Nurliah, S.Sos., M.I.Kom
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=5122
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article