Efektivitas Program Pelayanan E-KTP dan KIA Masyarakat Difabel dan Lansia Jemput Bola (Pembela Jempol) di Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang (Alvina Febrianti)

September 26, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Sep 26, 2024 @ 1:39 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Efektivitas Program Pelayanan E-KTP dan KIA Masyarakat Difabel dan Lansia Jemput Bola (Pembela Jempol) di Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Alvina Febrianti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas Program, E-KTP, KIA, Difabel, Lansia, Jemput Bola
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas program pelayanan e-KTP, KIA masyarakat difabel dan lansia jemput bola (Pembela Jempol) di Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang, serta mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukungnya dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian yaitu, efektivitas program Pembela Jempol, meliputi: Input, Proses, Output serta faktor penghambat dan faktor pendukung program Pembela Jempol. Dalam penelitian ini yang menjadi key informan ialah Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Bontang Selatan selaku Ketua Program Pembela Jempol dan yang menjadi informan lainnya adalah petugas Pembela Jempol dan masyarakat penerima program Pembela Jempol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Pelayanan E-KTP, KIA Masyarakat Difabel dan Lansia Jemput Bola (Pembela Jempol) di Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang yang diukur berdasarkan tiga indikator teori Sedarmayanti, yaitu: Input, Proses, dan Output sudah cukup efektif. Walaupun masih ada hal yang kurang dalam pelaksanaannya, namun jika dilihat dari tiga indikator tersebut, secara umum sudah bisa dinyatakan berhasil dan berjalan dengan baik. Faktor pendukung dalam Program Pembela Jempol ini adalah sumber daya manusia yang memadai dari segi kuantitas dan kualitas, serta kerjasama & dukungan berbagai pihak terkait. Adapun faktor penghambatnya yaitu terbatasnya sarana dan prasarana serta tidak adanya kepastian waktu pencetakan e-KTP.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26/09/2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading