Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Di UPTD Puskesmas Klandasan Ilir Kota Balikpapan (Hizratul Rima Qalbiah)

September 12, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Sep 12, 2024 @ 11:46 AM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Di UPTD Puskesmas Klandasan Ilir Kota Balikpapan
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Hizratul Rima Qalbiah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kesehatan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Klandasan Ilir serta mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung dalam pemberian pelayanan kesehatan di Puskesmas Klandasan Ilir Kota Balikpapan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dari hasil wawancara dengan key informan yaitu Kepala Puskesmas Klandasan Ilir dan informannya yaitu petugas dan tenaga medis di Puskesmas Klandasan Ilir serta masyarkat setempat selaku pasien. Data dalam penelitian diperoleh melalui studi literatur dan penelitian lapangan yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas Klandasan Ilir sudah cukup baik, hanya saja dari 5 indikator kualitas pelayanan Kesehatan yaitu Tangibles (bukti fisik), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Emphaty (empati) masih terdapat 2 indikator yang belum berjalan secara optimal yaitu Tangibles (bukti fisik) dan Reliability (keandalan). Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Klandasan Ilir. Adapun faktor pendukung meliputi fasilitas yang cukup lengkap, adanya nurse station dan sistem antrian online. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya tenaga kesehatan, ruang tunggu yang kurang luas, dan terbatasnya lahan parkir.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Daryono, M.Si., Ph.D.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 12/09/2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email